Kemenkes Pastikan WNA dari India Masih Dikarantina di Jakarta

Matius Alfons - detikNews
Sabtu, 24 Apr 2021 02:50 WIB
Coronavirus. COVID-19. Copy space. 3D Render
Foto: Ilustrasi Corona (Getty Images/BlackJack3D)
Jakarta -

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memastikan seluruh WNA dari India yang masuk ke Indonesia belum ada yang berkeliaran di tempat umum. 127 WNA India tersebut masih dikarantina di Jakarta.

"Mereka dikarantina di Jakarta, di tempat karantina untuk WNA," kata Juru Bicara Kementerian Kesehatan, dr Nadia Wiweko, saat dihubungi, Jumat (23/4/2021).

Nadia menyebut seluruh WNA India tersebut masih akan menjalankan karantina selama 14 hari. Dia memastikan mereka belum keluar dari lokasi karantina.

"Belum (beredar di masyarakat), mereka masih karantina 14 hari," ucapnya.

Meski begitu, Nadia belum bisa memastikan bagaimana 127 WNA dari India tersebut usai jalani karantian 14 hari. Menurutnya 127 WNA India itu memang memiliki izin tinggal di Indonesia.

"Kan sudah ada izin tinggalnya dan kita kan belum menutup perbatasan/pintu masuk," ujarnya.

Dihubungi terpisah, juru bicara Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito juga memastikan 117 WN India hingga kini masih dikarantina. Mereka, kata Wiku, dipastikan akan diswab secara berkala.

"Dilakukan karantina 14 hari sejak kedatangannya dan dilakukan 2 kali swab PCR di awal kedatangan dan di akhir masa karantina, akan dipastikan bahwa semua dikarantina," ungkap Wiku.

Sebelumnya diberitakan, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengungkap ada 12 WN India yang positif Corona dari total 127 yang masuk Indonesia. Dua belas kasus tersebut sudah diambil sampel untuk whole genome sequencing untuk diketahui varian Corona-nya.

"Dari 127 WNA yang sudah dilakukan tes semua, sampai saat ini ada 12 penumpang yang sudah positif, dan dari 12 penumpang itu kita lakukan genome sequencing cuma hasilnya belum keluar untuk genome sequencing-nya," demikian konfirmasi Menkes Budi dalam konpers di YouTube Perekonomian RI Jumat (23/4/2021).

Kasubdit Karantina Kesehatan Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan Benget Saragih menyebut WN India yang masuk ke RI memiliki kartu izin tinggal terbatas.

Dirjen Imigrasi Jhoni Ginting mengurai kronologi masuknya 127 WN India ke Indonesia. Tiba di hari Rabu dengan pesawat Air Asia berkode penerbangan QZ988 dari Chennai, India, menuju ke Bandara Soekarno Hatta.

(maa/idn)