Polda Metro Kerahkan 4.372 Personel Amankan KTT ASEAN, 51 Titik Dijaga

Rakha Arlyanto - detikNews
Jumat, 23 Apr 2021 19:14 WIB
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran melakukan pengecekan terakhir kesiapan pengamanan KTT ASEAN di depan Gedung Sekretariat ASEAN, Jl Sisingamangaraja, Kebayoran Baru, Jaksel.
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran melakukan pengecekan terakhir kesiapan pengamanan KTT ASEAN. (Rakha/detikcom)
Jakarta -

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengecek kesiapan pengamanan KTT ASEAN atau ASEAN Leaders Meeting (ALM) yang akan digelar di Jakarta besok. Fadil Imran memastikan pihaknya akan melakukan pengamanan di 51 titik secara ketat.

"Ada 4.372 personel yang dilibatkan untuk melakukan pengamanan di 51 titik, termasuk pengamanan rute, pengamanan akomodasi hotel dan pengamanan terminal airport untuk kedatangan. Mudah-mudahan semuanya bisa berjalan dengan lancar," ujar Fadil Imran di Pos Pengamanan Gedung Sekretariat ASEAN, Jl Sisingamangaraja, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (23/4/2021).

Polri akan melaksanakan pengamanan semaksimal mungkin untuk menyukseskan KTT ASEAN ini. Polda Metro Jaya melakukan pengamanan di Ring 3.

"Karena Ring 1 dan 2 ada Operasi Waskita oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) karena yang hadir kepala negara, yang mana penanggung jawabnya adalah Pangdam Jaya," tuturnya.

Sebagai kesiapan pelaksanaan pasukan, Polda Metro Jaya telah melakukan gladi posko dan gelar pasukan. Fadil Imran juga telah melakukan pengecekan perlengkapan dan peralatan yang dimulai sejak kemarin.

"Hari ini saya dan pejabat lain melakukan pengecekan terakhir," ujarnya.

Sebelumnya, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan akan memberlakukan rekayasa pengalihan arus hingga penutupan.

"Rekayasa lalin situasional, ada penutupan maupun pengalihan arus disesuaikan dengan kondisi di lapangan, khususnya saat tamu negara melintas," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo dalam keterangannya, Kamis (22/4/2021).

Sambodo tidak merinci titik-titik penutupan arus lalu lintas. Namun, menurutnya, penutupan dilakukan di rute-rute yang akan dilintasi oleh para tamu kepala negara.

"Situasional, di jalur yang dilewati dari Bandara Soekarno-Hatta ke akomodasi dan ke lokasi konferensi di Gedung Sekretariat ASEAN," imbuhnya.

(mea/mea)