Begini Teriakan Bangun Sahur yang Diprotes Zaskia Mecca: Sahurrrrrya!

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 23 Apr 2021 16:48 WIB
Zaskia Adya Mecca
Zaskia Adya Mecca (Desi/detikHOT)
Jakarta -

Protes artis Zaskia Adya Mecca soal teriakan bangun sahur di toa masjid sampai ke telinga Majelis Ulama (MUI). Begini teriakan bangun sahur yang diprotes Zaskia Mecca.

Dalam video yang diunggah di Instagram seperti dilihat Jumat (23/4/2021), Zaskia Adya Mecca bertanya-tanya model membangunkan sahur dengan berteriak di toa masjid. Dia bingung kalau cara itu disebut tengah hits alias tren.

"Cuma mau nanya ini bangunin model gini lagi HITS katanya?! Trus etis ga si pake toa masjid bangunin model gini?? Apalagi kita tinggal di Indonesia yang agamanya pun beragam.. Apa iya dengan begini jadi tidak mengganggu yang lain tidak menjalankan Shaur?!" tulis Zaskia Adya Mecca.

Adapun cara membangunkan sahur dalam video Zaskia Adya Mecca ialah orang tersebut mulanya menyapa warga sekitar. Selanjutnya dia mengajak warga sahur. Ada kalimat 'sahurrrrrya' yang diucapkan. Berikut ini bunyinya:

Bapak-bapak, ibu-ibu, adik-adik warga RT 04 RW 09 dan sekitarnya, yang menjalankan ibadah puasa. Waktunya sahurrrrrya, sahurrrrrya, sahurrrrrrya! Sahur, sahur, sahur, sahur, sahur! Sahur, sahur, sahur, sahur, sahur, sahur! Bangun, bangun, bangun!

Di Instagram Stories-nya, Zaskia Mecca mengungkapkan sore ini juga akan bertemu dengan tetangganya yang membangunkan sahur menggunakan toa dengan cara yang menurutnya kurang baik. Dia juga turut menegaskan bahwa hubungan dengan tetangganya tetap berjalan baik.

Zaskia Mecca berharap kritiknya membawa perubahan yang lebih baik.

"Setelah lama nggak main Twitter, aku nggak tahu sekarang komennya harus gimana mendadak trending. Tapi yang jelas, semoga ini membawa satu hal yang baik, membuat perubahan yang baik," kata Zaskia Adya Mecca.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Imam Addaruquthni mengingatkan bahwa semestinya membangunkan sahur dilakukan dengan cara religius.

"Cara membangunkan sahur (pakai toa) itu harus religius cara membangunkannya, kan sahur ini ritual makan yang religius. Elegan juga," kata Imam Addaruquthni saat dihubungi detikcom.

(gbr/hri)