Dikecam karena Konten Mesum ala Dokter di TikTok, Siapa Haga Mars?

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 23 Apr 2021 12:30 WIB
Haga Mars
Foto: Instagram @haga_mars
Jakarta -

TikTokers Haga Mars ramai diperbincangkan di media sosial karena membuat konten yang dinilai melecehkan profesi dokter. Siapa sosok Haga Mars ini?

Haga Mars adalah selebgram dan TikTokers yang memiliki pengikut 39 ribu follower di Instagram. Di Tiktok Haga Mars memiliki pengikut 183 ribu.

Dilihat di akun Instagram dan Tiktoknya, Haga Mars sering membuat konten bermacam-macam. Beberapa konten yang di-posting baru-baru ini adalah konten Ramadhan dan konten yang menampilkan dia menari.

Konten TikTok milik Haga Mars juga dilihat ratusan ribu orang. Akun TikToknya disukai 5 juta orang.

Baru-baru ini dia viral karena salah satu kontennya dianggap melecehkan profesi dokter. Dalam konten itu, Haga Mars berpakaian ala dokter kandungan yang baru saja membantu proses persalinan. Dia dikecam karena aktingnya dinilai menjurus ke ekspresi mesum.

Dari penelusuran Dokter Tanpa Stigma, dr Gabriella Sandranila Suryadana, Haga Mars bukan seorang dokter. Dia dipastikan bukan seorang tenaga medis.

"Yang bersangkutan sendiri, dari penelusuran kami, bukanlah tenaga medis. Jadi tidak bersangkut paut dengan etika profesi," ujar dr Gabriella saat dihubungi, Jumat (23/4/2021).

Terkait kontennya itu, Haga Mars juga sudah menyampaikan permohonan maaf. Dia mengaku tidak bermaksud melecehkan perempuan dalam konten itu.

"Assalamualaikum, Selamat Malam, Terima Kasih untuk semua pihak yang telah menegur saya dengan me-repost beberapa video dari akun TikTok saya (hagamars2), perkenalkan saya Haga yang membuat konten POV (point of view) di TikTok pada akun hagamars2 dengan maksud tujuan hanya berakting seperti di film dengan platform TikTok sebagai wadah saya untuk berkarya," tulis akun @haga_mars seperti dilihat detikcom, Kamis (22/4).

"Saya memohon maaf sebesar-besarnya atas konten saya yang menyinggung beberapa pihak," sambungnya.

Haga Mars menyebut dirinya tidak berniat menyinggung pihak mana pun. Dia mengakui kesalahannya atas konten yang telah dibuat.

"Jujur saya tidak ada niat untuk menyinggung sama sekali. Dengan adanya teguran dari berbagai pihak khususnya perempuan saya menyadari atas kesalahan dan tindakan saya yang kurang pantas, sekali lagi saya meminta maaf sebesar-besarnya kepada siapa pun yang merasa dirugikan. Saya akan lebih baik dan lebih berhati hati lagi dalam membuat karya (pov) berakting atau memerankan sesuatu. Terima kasih," jelasnya.

Selain itu, dia mengaku awalnya belum mengetahui tentang rape jokes. Kini dia sadar bahwa kontennya itu berdampak negatif.

"Izinkan saya menyampaikan bahwa sebelumnya saya belum mengerti apa itu rape jokes, sexism, dan belum mendalami lagi sexual harassment. Dari kejadian inilah saya baru menyadari bahwa konten saya termasuk bagian dari rape jokes, sexism and sexual harassment. Konten bisa berdampak negatif di kemudian hari dan saya sangat menyesalinya dan tidak membenarkan. Sekarang saya mengerti apa itu rape jokes dan itu tidak pantas untuk dilakukan," ujar dia.

Dia berterima kasih atas teguran yang disampaikan kepada dirinya. Dia minta konten yang dia buat tersebut tidak dicontoh.

"Terima kasih kepada semua pihak yang telah menegur saya dan mengedukasi saya. Sekarang saya tau pentingnya pengetahuan tentang rape jokes dan lainnya. Sekali lagi maafkan saya yang buta akan hal tersebut. Konten tersebut tidak boleh ditiru dan dicontohkan," tutur Haga Mars di caption unggahan tersebut.

Simak Video: Permintaan Maaf TikTokers Haga Mars Usai Konten Rape Jokes Viral

[Gambas:Video 20detik]



(zap/hri)