Round-Up

Ekspresi Mesum dr Kevin Samuel Berujung Sanksi dari IDI

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 22 Apr 2021 22:03 WIB
dr Kevin Semuel Marpaung
dr Kevin Samuel (Wilda Nufus/detikcom)
Jakarta -

Dokter Kevin Samuel bikin geger setelah menciptakan konten persalinan dengan ekspresi yang dinilai mesum. Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menjatuhkan sanksi bagi dr Kevin.

Dalam konten TikTok yang dibuatnya, dr Kevin diketahui membuat konten mengenai pemeriksaan vagina dalam persiapan persalinan. Konten tersebut dikecam pemerhati hak perempuan karena mengandung materi pelecehan seksual.

"Dengan ekspresi yang seperti itu, ekspresi mesum jadi menurutku it's not good as a doctor did content like that (tidak baik sebagai seorang dokter membuat konten demikian)," kata dr Tirta Mandira Hudhi saat dihubungi detikcom, Sabtu (17/4/2021).

Dokter Tirta mengaku tidak heran konten itu menuai kritik masyarakat. Menurutnya, apa yang ditampilkan oleh dr Kevin di video tersebut memang dinilai tidak layak dilakukan oleh seorang dokter.

TikTok dr Kevin Samuel yang melecehkan perempuan. (Viral media sosial)TikTok dr Kevin Samuel yang melecehkan perempuan. (Viral media sosial)

IDI mengusut dr Kevin. IDI pada Minggu (18/4) menyatakan akan mengecek status kedokteran dr Kevin Samuel.

"Kami sudah minta, itu ada bidang terkait dengan pembinaan anggota untuk menelusuri yang bersangkutan dan nanti yang bersangkutan akan kami panggil untuk kami mintai klarifikasi. Jadi itu yang awal yang kami lakukan. Hasilnya belum, karena ini masih kami telusuri dia ini anggota cabang mana, posisi di mana, kerja di mana, masih kami telusuri dan nanti kami akan lakukan pemanggilan untuk klarifikasi," ujar Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Daeng Mohammad Faqih kepada detikcom saat dihubungi.

Setelah melewati perjalanan sidang, IDI menyatakan dr Kevin Samuel melanggar kode etik dengan pelanggaran kategori sedang.

Simak video 'PB IDI Akan Keluarkan Fatwa Medsos bagi Dokter':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2