Pemprov DKI Evaluasi Uji Coba Tahap I Flyover Cakung

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Kamis, 22 Apr 2021 20:43 WIB
Pengendara melintasi fly over Cakung, Jakarta Timur, Senin (19/4/2021). Uji Coba flyover Cakung mulai dapat dilintasi pengendara selama masa uji coba tahap pertama. Uji coba ini rencananya akan dilaksanakan hingga 21 April 2021 mulai pukul 07.00 hingga 22.00 WIB.
Uji coba flyover Cakung. (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta selesai menggelar uji coba tahap I flyover Cakung di Jakarta Timur. Ada beberapa hal yang menjadi catatan selama uji coba berlangsung. Di antaranya, perlunya melengkapi marka jalan beserta rambu penunjuk arah di sekitar flyover.

"Evaluasi flyover Cakung tentu dari hasil uji coba kemarin masih terdapat beberapa fasilitas pendukung yang harus disiapkan," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Kamis (22/4/2021).

Selain itu, pihaknya akan mengatur rekayasa lalu lintas di sekitar area pengerjaan ramp off di sekitar kantor Wali kota Administrasi Jakarta Timur. Upaya ini dilakukan demi menghindari kemacetan.

"Ini harus kami koordinasikan dengan rekan-rekan Bina Marga termasuk di dalamnya manajemen rekayasa lalu lintas di sisi Wali Kota itu," jelasnya.

Selain itu, flyover ini dilengkapi jalur lintasan sepeda yang berada di sisi kiri jalan. Namun, hanya dibatasi garis putus-putus.

Terkait hal ini, Pemprov mengungkapkan pihaknya tak berniat memasang pembatas di sepanjang jalur sepeda. Menurutnya, tanpa pembatas pun pesepeda tetap aman berkendara.

"Itu salah satunya untuk jalur sepeda begitu dia naik tidak akan ada kekuatan tinggi sehingga prinsip pembangunan jalur sepedanya adalah mix," ucapnya.

Diketahui, uji coba tahap pertama flyover Cakung itu dilakukan selama tiga hari. Uji coba digelar pada 19-21 April 2021.

"Waktu uji coba open traffic tahap pertama direncanakan waktunya pada Senin, 19 April 2021, sampai 21 April 2021, jam 07.00-22.00 WIB," kata Kepala Dinas Bina Marga DKI Hari Nugroho dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Sabtu (17/4/2021).

Flyover Cakung ada di perlintasan antara jalan rel Jakarta-Bekasi di Jl I Gusti Ngurah Rai, mengarah ke sisi barat BKT. Panjang flyover 760 meter dengan lebar 18 meter. Ini adalah proyek Dinas Bina Marga DKI dengan anggaran tahun jamak 2019-2021. Pembangunan flyover Cakung menggunakan biaya Rp 261 miliar.

Usai uji coba tahap pertama, flyover Cakung akan ditutup kembali untuk perbaikan-perbaikan dan penyempurnaan di lapangan.

(man/man)