Pernyataan Lengkap Presiden Jokowi Terkait Hilangnya KRI Nanggala-402

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 22 Apr 2021 18:04 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Foto: Biro Pers Setpres)
Jakarta -

Kapal selam KRI Nanggala-402 yang hilang kontak masih dalam pencarian saat ini. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pencarian diprioritaskan kepada 53 awak kapal.

"Saat ini Panglima TNI dan KSAL memimpin langsung upaya pencarian di lapangan. Saya juga telah memerintahkan Panglima TNI, KSAL dan Basarnas bersama instansi lainnya untuk mengerahkan segala kekuatan dan upaya seoptimal mungkin melakukan pencarian dan penyelamatan, prioritas utama adalah keselamatan 53 awak kapal," kata Jokowi, dalam video yang ditayangkan langsung di akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (22/4/2021).

Jokowi memastikan pemerintah melakukan yang terbaik untuk penyelamatan korban. Dia meminta masyarakat turut mendoakan agar pencarian segera membuahkan hasil.

"Pada keluarga awak kapal saya memahami betul perasaan bapak ibu semuanya saat ini, tapi sekali lagi pemerintah telah dan akan terus mengupayakan yang terbaik dalam pencarian dan penyelamatan seluruh awak yang ada di dalam kapal selam," ujarnya.

"Terakhir, saya mengajak seluruh masyarakat rakyat untuk mendoakan agar seluruh upaya pencarian dan penyelamatan ini dilancarkan, diberikan kemudahan untuk menemukan kembali KRI Nanggala-402 dan seluruh awaknya dalam keadaan sehat," lanjutnya.

Berikut ini pernyataan lengkap Jokowi menyikapi KRI Nanggala-402:

Assalamualaikum,

Kemarin saya sudah mendapatkan laporan dari Menhan, dari Panglima dan dari KSAL terkait dengan kapa selam KRI-Nanggala 402 yg telah hilang kontak saat sedang melaksanakan latihan di perairan utara pulau Bali pada 21 April 2021.

Saat ini Panglima TNI dan KSAL memimpin langsung upaya pencarian di lapangan. Saya juga telah memerintahkan Panglima TNI, KSAL dan Basarnas bersama instansi lainnya untuk mengerahkan segala kekuatan dan upaya seoptimal mungkin melakukan pencarian dan penyelamatan, prioritas utama adalah keselamatan 53 awak kapal.

Pada keluarga awak kapal saya memahami betul perasaan bapak ibu semuanya saat ini, tapi sekali lagi pemerintah telah dan akan terus mengupayakan yang terbaik dalam pencarian dan penyelamatan seluruh awak yang ada di dalam kapal selam.

Terakhir saya mengajak seluruh masyarakat rakyat untuk mendoakan agar seluruh upaya pencarian dan penyelamatan ini dilancarkan, diberikan kemudahan untuk menemukan kembali KRI Nanggala-402 dan seluruh awaknya dalam keadaan sehat, terima kasih.

Wasalam

Simak juga video 'Kapal Selam Hilang, Prabowo Sorot Modernisasi Alutsista 3 Matra TNI':

[Gambas:Video 20detik]



(eva/imk)