Ruangan Ketua DPRD Binjai Dibobol, 4 Pelaku Ditangkap

Datuk Haris Molana - detikNews
Kamis, 22 Apr 2021 16:16 WIB
intrusion of a burglar in a house inhabited
Foto Ilustrasi Pembobolan (Dok: iStock)
Binjai -

Ruangan Ketua DPRD Binjai, Sumatera Utara (Sumut), dibobol dan barang-barangnya dicuri, akhir pekan lalu. Tak butuh waktu lama, polisi berhasil menangkap para pelaku.

"Unit Reskrim Polsek Binjai Utara telah mengamankan 4 orang laki-laki yang diduga telah melakukan pencurian dengan pemberatan," kata Kasubbag Humas Polres Binjai AKP Siswanto Ginting dimintai konfirmasi, Kamis (22/4/2021).

Keempat pelaku yang ditangkap bernama Roni Zal Diputra (37), Muhammad Fadli (39), Selamat Pinem (50), dan Robi Nanda (35). Para pelaku merupakan warga Kecamatan Binjai Utara.

Peristiwa pembobolan ruang kerja Ketua DPRD Binjai terjadi pada Minggu (18/4). Ruangannya berada di kantor DPRD Binjai.

Pembobolan diketahui saat ajudan dan Kasubbag Tata Usaha DPRD Binjai diperintah oleh Ketua DPRD Binjai untuk mengambil buku APBD di TKP. Ajudan dan Kassubbag Tata Usaha terkejut melihat ruangan Ketua DPRD Binjai sudah berantakan.

Setelah dicek, sejumlah barang sudah hilang. Barang-barang yang hilang di antaranya 1 unit kulkas dua pintu, 1 unit dispenser, 1 buah jam, dan kompresor AC.

"Ketika itu Ketua DPRD menyuruh untuk mengambil buku APBD di ruangan beliau. Setelah pintu ruang terbuka saksi I dan saksi II terkejut melihat ruangan sudah berantakan, ketika di periksa bahwa barang-barang yang disebutkan sudah hilang," ujar Siswanto.

Atas kejadian tersebut, pihak DPRD Binjai kemudian melapor ke Polsek Binjai Utara. Laporannya diterima dengan nomor LP/57/IV/2021/SPKT/Binjai Utara.

Selanjutnya, pada Rabu (21/4) malam, petugas mendapat informasi sejumlah pelaku berada di gudang kosong di samping Kantor DPRD Kota Binjai. Polisi ke TKP dan menangkap tiga pelaku.

"Kanit Reskrim Polsek Binjai Utara Ipda J Sitanggang bersama personel mengamankan tiga orang pelaku. Lalu bergerak mengambil barang bukti," sebut Siswanto.

Lalu, dini hari tadi polisi mengamankan satu pelaku lainnya di Jalan Anggrek, Kelurahan Pahlawan, Binjai Utara.

(zak/zak)