Moeldoko Unggah Video Lawas di KRI Nanggala-402 yang Kini Hilang

Andhika Prasetia - detikNews
Kamis, 22 Apr 2021 15:23 WIB
Moeldoko
Moeldoko (Foto: Dokumen KSP)
Jakarta -

Kapal selam KRI Nanggala-402 hilang kontak di perairan Bali. Eks Panglima TNI Jenderal (Purn) Moeldoko mengunggah video lama saat ia berada di KRI Nanggala-402.

"Delapan tahun lalu, saat menjabat Panglima TNI, saya pernah bekerja bersama para kru kapal selam KRI Nanggala-402, yang saat ini dikabarkan hilang kontak," kata Moeldoko lewat akun Instagram, Kamis (22/4/2021).

Dalam video, Moeldoko, yang mengenakan atribut serba hitam, dianugerahi Wing Hiu Kencana oleh KSAL saat itu, Marsetio. Moeldoko menceritakan bagaimana tangguhnya kru KRI Nanggala-402.

"Di atas kapal inilah, Wing Hiu Kencana dianugerahkan kepada saya. Saya menjadi saksi betapa tangguhnya kru kapal saat bekerja. Menjaga kedaulatan maritim nusantara dari berbagai ancaman," ujar Moeldoko, yang kini menjabat Kepala Staf Kepresidenan.

Moeldoko turut mendoakan keselamatan kru KRI Nanggala-402, yang hilang kontak.

"Mengingat hal itu saya mendoakan semoga seluruh awak kapal selam Nanggala dapat melewati krisis ini," ujar Moeldoko.

Hingga saat ini, belum ditemukan adanya tanda-tanda penemuan kapal tersebut, sedangkan operasi pencarian saat ini masih berlangsung.

Sudah 36 jam kapal selam KRI Nanggala-402 belum ditemukan sejak hilang pada Rabu (21/4) dini hari kemarin. Berdasarkan keterangan tertulis Biro Humas Kemhan, KRI Nanggala-402 meminta izin menyelam pada pukul 03.00 WIB, Rabu (21/4) kemarin. Setelah diberi izin, KRI Nanggala-402 hilang kontak.

Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono menjabarkan temuan sementara dari pencarian KRI Nanggala-402 yang hilang di perairan Utara Bali. Dia menyebut ditemukan titik magnet tinggi di kedalaman 100 meter laut.

"Jadi yang kemarin ditemukan adalah rumpon bawah laut jadi kemagnetannya sangat lemah. Dan yang baru kita temukan saat dengan Panglima TNI ke sana, tadi dari KRI Pulau Rimau 724 ditemukan kemagnetan yang tinggi dalam suatu titik yang kedalamannya kurang-lebih 50-100 meter melayang," kata Yudo dalam jumpa pers di Bali, Kamis (22/4).

View this post on Instagram

A post shared by Moeldoko (@dr_moeldoko)

Simak video '5 KRI dan 1 Helikopter Diterjunkan Cari KRI Nanggala-402':

[Gambas:Video 20detik]



(dkp/gbr)