Ada Perjanjian Antarnegara untuk Cari KRI Nanggala-402 yang Hilang

Sui Suadnyana - detikNews
Kamis, 22 Apr 2021 14:19 WIB
Kapal selam RI dikabarkan hilang kontak di perairan utara Bali. Kapal selam yang hilang itu adalah kapal selam TNI AL KRI Nanggala-402. Seperti apa potretnya?
Ini potret kapal selam KRI Nanggala-402 yang hilang kontak di Bali. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
Badung -

TNI menegaskan saat ini berfokus pada pencarian kapal selam KRI Nanggala-402 yang hilang kontak di perairan Bali. Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono mengatakan negara-negara yang tergabung dalam Konferensi Kapal Selam siap membantu pencarian.

"Kemarin atas izin Panglima TNI kita distress (sinyal kepada negara-negara yang tergabung dalam konferensi kapal selam yang selama ini sudah terjalin) dengan negara-negara yang memiliki kapal selam. Dan dari distress tersebut sehingga negara yang memiliki kapal selam mereka siap untuk membantu," kata Yudo dalam konferensi pers di Base Ops Lanud I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Rabu (22/4/2021).

Yudo mengatakan sudah ada kapal selam dari dua negara yang berangkat untuk pencarian KRI Nanggala-402. Kapal selam dari negara lain juga akan menyusul.

"Yang sudah berangkat dari Singapura dan dari Malaysia, yang lainnya akan juga siap membantu," turutnya.

Yudo mengatakan saling membantu ini merupakan kesepakatan dalam konferensi. Semua negara yang tergabung dalam konferensi hanya untuk kemanusiaan.

"Jadi ini sudah menjadi kesepakatan dalam konferensi, siapa pun mengalami kedaruratan, mereka wajib memberikan bantuan untuk keselamatan. Dia tidak ada politik maupun tidak ada lawan. Semuanya hanya untuk membantu dalam kemanusiaan," tuturnya.

Simak video 'Australia Siap Bantu Pencarian KRI Nanggala-402':

[Gambas:Video 20detik]



(idh/fjp)