TNI AL Pastikan Ada Tabung Oksigen di KRI Nanggala-402 yang Hilang

Indra Komara - detikNews
Kamis, 22 Apr 2021 09:47 WIB
Kapal selam RI dikabarkan hilang kontak di perairan utara Bali. Kapal selam yang hilang itu adalah kapal selam TNI AL KRI Nanggala-402. Seperti apa potretnya?
Potret kapal selam KRI Nanggala-402 (ANTARA FOTO/Eric Ireng)
Jakarta -

KRI Nanggala-402 yang hilang kontak sampai saat ini belum ditemukan. TNI AL memastikan setiap kapal selam menyimpan tabung oksigen untuk awak.

"Ada," ujar Kadispenal Laksamana Pertama TNI Julius Widjojono kepada wartawan, Kamis (22/4/2021). Namun Julius tidak memerinci berapa jumlah tabung oksigen yang disiapkan dalam kapal selam.

Lebih lanjut Julius menerangkan operasi kapal selam di bawah laut bergantung pada baterai. Dia menurutkan, jika kapasitas baterai besar, kapal bisa tahan lama, sampai berhari-hari.

"Kalau baterai tahan lama, berjam jam pun nggak apa-apa, berhari-hari pun nggak ada masalah. Dari baterai diubah akan menjadi teknologi nuklir yang lebih lama dia di bawah air. Selain kecepatan, juga tenaganya, nuklir lebih efektif. Kalau baterai itu harus isi ke permukaan, naik ke permukaan, diisi, di-charge begitu. Setelah (baterai) penuh, (kapal) turun lagi," sambungnya.

Lantas bagaimana dengan KRI Nanggala-402 yang hilang kontak sejam pukul 03.00 WIB kemarin? Julius mengatakan kemungkinan baterai kapal selam itu cukup untuk penggunaan oksigen.

"Baterainya mungkin untuk menghidupi penggunaan oksigen saja," paparnya.

Sebelumnya, TNI AL meluruskan simpang siur informasi terkait proses pencarian kapal selam KRI Nanggala-402 yang hilang di perairan Bali. TNI AL menegaskan sampai saat ini kabar yang menyebutkan KRI Nanggala-402 ditemukan tidak bisa dijadikan dasar.

"Jadi saya tegaskan kembali, berbagai berita yang disampaikan sudah ditemukan 21 jam itu sebenarnya belum bisa digunakan sebagai dasar. Oleh karena itu, saya berharap kepada rekan-rekan media untuk tidak membuat analisa, tidak memberitakan yang mungkin belum dipastikan kebenarannya, sehingga memberikan ketenangan kepada masyarakat khususnya informasi ini," kata Kapuspen TNI Mayjen TNI Achmad Riad.

Simak Video: Pencarian Besar-besaran KRI Nanggala-402 yang Hilang Kontak di Bali

[Gambas:Video 20detik]



(idn/imk)