Round-Up

Geger Lagi di Bali saat Bule Kecoh Satpam dengan Wajah Dilukis Masker

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 22 Apr 2021 06:31 WIB
Bule prank ga pakai masker di Bali
Bule yang melukiskan masker pada wajahnya sehingga dapat mengecoh satpam toko swalayan (Foto: (Niluhdjelantik/Instagram)
Denpasar -

Sebuah video yang menampilkan aksi bule melukiskan masker pada wajahnya viral di media sosial. Bule tersebut bisa melenggang masuk ke toko swalayan dengan mengecoh seorang satpam seolah-olah sedang memakai masker.

Dalam video yang beredar, tampak seorang bule wanita hendak masuk ke sebuah swalayan. Namun ia dihadang oleh satpam karena tak memakai masker.

Wanita itu kemudian kembali ke dalam mobilnya. Ia melukiskan masker pada wajahnya. Sehingga bila dilihat dari jauh, seakan-akan bule tersebut sedang mengenakan masker medis.

Kemudian, bule tersebut mencoba masuk kembali ke dalam swalayan. Sang satpam pun terkecoh.

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kamwil Kemenkumham) Bali angkat bicara terkait bule yang mengecoh satpam itu. Kemenkumham bakal melibatkan tim gabungan untuk menindak bule tersebut.

"Adanya viral tentang orang bule yang melukis masker di wajahnya untuk mengelabui petugas tentunya kami dari Kementerian Hukum dan HAM tetap melakukan penertiban. Terkait hal ini karena pelanggaran tersebut sesungguhnya bukan pelanggaran keimigrasian dan kami tidak bisa bertindak sendiri kami harus melibatkan instansi lain seperti polisi dan Satpol PP," kata Kakanwil Kemenkumham Bali, Jamaruli Manihuruk dalam rekaman suara yang diterima detikcom, Rabu (21/4/2021).

Sementara itu, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Bali, I Dewa Nyoman Rai Dharmadi, mengatakan bahwa pihaknya belum mengetahui lokasi peristiwa tersebut. Ia juga belum mengetahui nama, tempat tinggal, dan asal dari kedua bule tersebut.

Meski begitu, dirinya menilai hal semacam ini seharusnya ditindak oleh satgas setempat. Ia mengaku tak ingin Bali dicap sebagai daerah yang tidak konsisten dalam penegakan protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19.

"Yah kalau ada yang mendapati hal-hal semacam ini tindak saja oleh aparat setempat/satgas gotong royong. Jangan sampai dianggapnya Bali tidak konsisten menegakkan dengan denda. Bahkan bila perlu dideportasi saja oleh imigrasi," kata Dewa Dharmadi.

Lihat Video: Viral Bule di Bali Kelabui Petugas dengan Melukis Masker di Wajah

[Gambas:Video 20detik]



(isa/dwia)