detikKultum Prof Nasaruddin Umar: Melatih Kekuatan Spiritual Imagination

Kristina - detikNews
Kamis, 22 Apr 2021 04:04 WIB
Jakarta -

Tafakur adalah salah satu amalan yang baik untuk dilakukan pada bulan Ramadhan. Merenungkan segala ciptaan Allah SWT secara mendalam akan membuat manusia paham hakikat kekuasaan Tuhan.

Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof Nasaruddin Umar mengatakan bulan suci merupakan kesempatan yang bagus untuk melatih kekuatan imajinasi spiritual.

"Bulan suci ramadhan kesempatan yang bagus untuk mengasah mata batin kita, kesempatan yang paling bagus untuk melatih kekuatan imajinasi kita yang disebut dengan spiritual imagination," kata Prof Nasaruddin dalam detikKultum detikcom, Kamis 22 April 2021.

Dalam bahasa Arab, daya khayal spiritual ini disebut dengan tafakur. Prof Nasarudin mengistilahkannya sebagai kemampuan manusia untuk melakukan kontemplasi terhadap alam semesta.

Langit, bumi dan seluruh isinya merupakan ciptaan Allah SWT. Menurut Prof Nasaruddin, segala yang biasanya kita anggap milik kita sejatinya milik Allah SWT semata. Itulah mengapa penting untuk melatih kekuatan spiritual imagination di Ramadhan 1442 ini.

Lebih lanjut Prof Nasaruddin mengatakan imajinasi yang kuat mampu memberikan nasehat mujarab bagi diri kita. Hal itulah yang akan membawa manusia menghilangkan keangkuhan dan keburukan lainnya.

Selengkapnya detikKultum bersama Prof Nasarudin Umar: Malatih Kekuatan Spiritual Imagination tonton DI SINI.

(erd/erd)