PPSDM Migas Jadi Tujuan Benchmarking Puslitbang Tekmira & PIP Semarang

Jihaan Khoirunnisaa - detikNews
Rabu, 21 Apr 2021 15:12 WIB
PPSDM Migas
Foto: PPSDM Migas
Jakarta -

PPSDM Migas kembali menjadi tempat tujuan studi banding dalam rangka reformasi birokrasi untuk pembangunan Zona Integritas, di antaranya dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Mineral dan Batubara (Puslitbang Tekmira) pada Senin (5/4)) dan Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang pada Senin (12/4).

Hal ini karena PPSDM Migas berhasil meraih predikat Wilayah Birokrasi Melayani (WBBM) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) pada akhir tahun 2020 lalu.

Rombongan Puslitbang Tekmira dan PIP Semarang disambut oleh Koordinator Tata Usaha PPSDM Migas, Sri Wahjoe Handajani di PTSA (Pelayanan Terpadu Satu Atap).

Dalam sambutannya, Sri menjelaskan perolehan predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) serta WBBM tidak lepas dari kontribusi unit kerja yang berada di bawah Kementerian ESDM.

"Kita semua sesama pejuang WBK dan WBBM. Dan atas ikhtiar bersama, PPSDM Migas telah mendapatkan predikat WBBM pada akhir tahun 2020. Sehingga kami mohon izin pada kesempatan kali ini, saya akan sharing atau berbagi pengalaman tentang komitmen PPSDM Migas untuk melakukan reformasi birokrasi di lingkungan PPSDM Migas yang di tahun ini bukan lagi pembangunan Zona Integritas menuju WBBM tetapi lebih kepada penguatan Zona Integritas sehingga semangat kami tetap terjaga," ujar Sri dalam keterangan tertulis, Rabu (21/4/2021).

Diungkapkan Sri, PPSDM Migas sebelumnya telah mendapat predikat WBK pada tahun 2018. Namun, di tahun 2019 pihaknya belum berhasil untuk mendapatkan predikat WBBM. Barulah di tahun 2020 kemarin PPSDM Migas akhirnya berhasil mendapatkan predikat WBBM berkat upaya peningkatan di berbagai sektor.

"Pada tahun 2020 kita secara kebetulan PPSDM Migas mendapatkan predikat WBBM terlebih dahulu dari PIP Semarang, tetapi kebetulan yang dipenuhi oleh kerja keras dan komitmen kuat dari Tim WBBM yang bekerja 24 jam on call selama proses penilaiannya," terangnya.

Sementara itu, Koordinator Perencanaan dan Standardisasi Pengembangan SDM, R. Suhardi menguraikan PPSDM Migas memiliki banyak layanan yang sudah terakreditasi dan terlisensi. Bukan hanya dari dalam negeri saja, melainkan juga dari luar negeri.

"Alhamdulillah PPSDM Migas ini telah terakreditasi dari KAN dan terlisensi oleh BNSP serta juga mendapat akreditasi dari IWCF, IADC dan IIW dari lembaga akreditasi internasional. Sehingga kita dituntut untuk selalu memberikan terbaik kepada pelanggan," katanya.

Dalam kunjungan ini, kedua rombongan meninjau implementasi WBBM di PPSDM Migas. Diawali dari pos security untuk melihat sistem daftar tamu yang sudah terkoneksi secara online, kemudian melihat pelaksanaan sertifikasi yang sudah computer based, fasilitas gasebo serta free charging bagi peserta sertifikasi dan mahasiswa Praktek Kerja Lapangan di PPSDM Migas.

Tidak hanya itu, Suhardi menjelaskan rombongan juga melihat fasilitas peta penujuk arah PPSDM Migas yang dibuat untuk mempermudah pengunjung saat berada di wilayah PPSDM Migas. Menutup tour facility ini, lanjutnya, rombongan bergerak menuju fasilitas open space office yang ditujukan bagi pihak pengadaan barang dan jasa untuk menghindari konflik kepentingan.

Pada kesempatan tersebut, Counterpart Reformasi Birokrasi, Maki Pria Utama yang memimpin rombongan dari Puslitbang Tekmira menyampaikan tujuan kedatangan rombongan Puslitbang Tekmira yakni untuk melihat implementasi penerapan pelaksanaan reformasi birokrasi dan pembangunan zona integritas di PPSDM Migas yang telah mendapat predikat WBBM.

"Kami baru saja mendapat predikat BWK sehingga kedatangan kami kesini ingin me-reform, merubah etos kerja, dan juga kinerja Puslitbang Tekmira serta tentunya kami ingin mengetahui pendorong motivasi kerja pegawai di PPSDM Migas," ungkap Maki.

Di tempat terpisah, , Lektor dan Pembantu Direktur III, F. Pambudi Widiatmaka selaku pemimpin rombongan PIP Semarang menjelaskan maksud kedatangan rombongan PIP Semarang adalah untuk belajar serta mendapatkan informasi terkait pembangunan dan penguatan Zona Integritas di PPSDM Migas.

"Kami telah mendapatkan predikat WBK di tahun 2020 sehingga hari ini kami ingin ngangsu kaweruh di PPSDM Migas agar di tahun ini kami bisa mengikuti jejak PPSDM Migas untuk mendapatkan predikat WBBM," tuturnya.

(ega/ega)