Ketua MPR Lantik Anggota PAW dari Fraksi PAN Muhammad Rizal

Jihaan Khoirunnisaa - detikNews
Rabu, 21 Apr 2021 13:52 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo
Foto: MPR
Jakarta -

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) melantik anggota MPR RI pengganti antar waktu (PAW) sisa masa jabatan 2019-2024 di Ruang Delegasi, Gedung Nusantara V, Kompleks Gedung MPR/DPR/DPD Senayan, Jakarta.

Anggota yang dilantik yakni Muhammad Rizal dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) daerah pemilihan Banten III. Dalam sambutannya, Bamsoet mengatakan Muhammad Rizal bukanlah sosok baru di dalam MPR.

Sebab politikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini telah memegang sejumlah jabatan di Sekretariat Jenderal MPR, antara lain sebagai Kepala Pusat Pengkajian, Kepala Biro Humas, Kepala Biro Persidangan, dan Kepala Biro Sekretariat Pimpinan. Dengan melihat sepak terjangnya, dia percaya Muhammad Rizal bisa amanah dalam menjalankan wewenang dan tugas konstitusional yang diemban.

"Atas nama pimpinan dan anggota majelis, (saya) mengucapkan selamat datang dan selamat melaksanakan tugas. Saya memperoleh informasi bahwa saudara sudah lama mengabdikan diri di lingkungan Sekretariat Jenderal. Saya yakin dan percaya dengan bekal pengabdian di Sekretariat Jenderal akan memudahkan saudara dalam melaksanakan tugas konstitusional," ujar Bamsoet, Rabu (21/4/2021).

Adapun pelantikan anggota MPR PAW ini untuk memenuhi ketentuan pasal 9 ayat 3 Peraturan MPR No. 1 Tahun 2014 tentang Tata Tertib MPR RI, yang menyebutkan Anggota pengganti antarwaktu mengucapkan sumpah/janji dipandu oleh Pimpinan MPR paling lambat 30 (tiga puluh) hari setelah dilantik sebagai Anggota DPR atau Anggota DPD.

Pada kesempatan tersebut, Bamsoet juga mengingatkan MPR sebagai pihak yang mengemban tugas untuk mensosialisasikan Empat Pilar dapat menjadi contoh dalam penerapan dan pengamalan nilai-nilai kebaikan pada Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. Terlebih di bulan suci Ramadhan.

Menurutnya Ramadhan menjadi momen tepat untuk menumbuhkembangkan serta menampilkan sikap jujur, saling peduli, saling mengasihi, dan saling menolong terhadap sesama, khususnya saudara-saudara yang sedang tertimpa musibah.

"Memasuki bulan suci Ramadhan, banyak saudara kita yang mengalami musibah bencana alam di beberapa wilayah. Inilah saatnya kita mengulurkan tangan, membantu meringankan beban saudara-saudara kita," tuturnya.

"Ini juga waktu yang tepat untuk kita membuktikan bahwa nilai-nilai kebaikan pada empat pilar dapat teraktualisasikan dalam keseharian masyarakat Indonesia. Terlebih bagi kita yang mengemban tugas memaslahatkan empat pilar, sudah selayaknya kita semua menjadi contoh terhadap pengamalannya," lanjutnya.

Ketua MPR Bambang SoesatyoPengganti Antar Waktu, Muhammad Rizal Dilantik Ketua MPR Foto: MPR

Di sisi lain, Muhammad Rizal mengaku terdapat perbedaan tugas dari saat menjabat di Sekretariat Jenderal dan tugasnya saat ini. Rizal mengatakan usai dilantik dirinya akan berupaya untuk menjalankan fungsi Dewan Perwakilan untuk memperjuangkan aspirasi dan kepentingan masyarakat.

"Saya kira mungkin berbeda dari segi tugas di Sekretariat Jenderal, tugas ASN kita memberikan pelayanan kepada anggota MPR. Kalau di DPR mungkin akan berbeda. Kita akan memperjuangkan kepentingan rakyat, menampung aspirasi, kemudian kita perjuangkan," pungkasnya.

Untuk diketahui, Muhammad Rizal dilantik sebagai anggota MPR RI menggantikan Ali Taher Parasong yang belum lama ini meninggal dunia.

(ega/ega)