Seekor Tapir Masuk ke Kolam Ikan Bikin Geger Warga Pekanbaru

Raja Adil Siregar - detikNews
Selasa, 20 Apr 2021 21:48 WIB
Tapir terperangkap di kolam.
Tapir terperangkap di kolam. (Foto: Dok. Istimewa)
Pekanbaru -

Warga di Komplek Perumahan Cendrawasih, Kota Pekanbaru, Riau dibuat heboh munculnya seekor tapir liar dewasa. Tapir itu tersesat dan masuk ke kolam ikan warga.

Informasi dihimpun, tapir masuk ke kolam warga berukuran 5x6 m. Tapir itu terjebak dalam kolam kosong dengan 170 cm dan tinggi air berkisar 80 cm.

Warga kemudian ramai-ramai mendatangi lokasi untuk melihat. Warga berupaya mengeluarkan tapir itu dari kolam.

"Tadi sekitar pukul 11.30 Wib saya sedang nyuci di kamar mandi. Tiba-tiba terdengar suara byur gitu, saya pikir anak kecil jatuh," terang pemilik kolam, Julaiha saat ditemui di lokasi, Selasa (20/4/2021).

Setelah dicek, Julaiha kaget melihat seekor tapir berusaha naik dari kolam miliknya. Julaiha pun lari ke dalam rumah.

"Saya takut, masuk ke rumah, naik ke lantai II dan saya lihat ternyata tapir. Saya lihat ini binatang dilindungi, saya langsung hubungi RT, RW dab petugas Balai BKSDA datang ke sini," katanya.

Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Suharyono membenarkan adanya tapir masuk kolam warga. Hal ini setelah pihaknya mendapat laporan sekitar pukul 13.00 WIB.

"Setelah menerima laporan tim Rescue langsung diturunkan untuk melakukan evakuasi. Ada dokter hewan bersama paramedis dan perawat satwa datang untuk evakuasi," kata Suharyono.

"Kemungkinsn tapir tengah mencari makan di kebun dekat kolamnya dan terjerembab masuk dalam kolam tersebut. Tak lama kemudian Tim Balai Besar KSDA Riau turun untuk melakukan evakuasi dibantu Polsek Tampan, Babinsa, Lurah dan aparat Desa Air Putih untuk turut menenangkan warga," kata Suharyono.

Sementara tapir telah dievakuasi dengan perangkap BBKSDA. Selanjutnya tapir itu dibawa untuk mendapat perawatan medis karena terdapat banyak luka akibat berusaha keluar dari kolam.

(ras/idn)