Korban Kebakaran Keagungan Jakbar Kumpulkan Sisa-sisa Barang untuk Dijual

Karin Nur Secha - detikNews
Selasa, 20 Apr 2021 11:52 WIB
Korban kebakara keagungan
Korban Kebakaran Keagungan (Karin/detikcom)
Jakarta -

Kebakaran hebat terjadi di permukiman padat di Keagungan, Taman Sari, Jakarta Barat (Jakbar), Minggu (18/4/2021) sore. Ratusan rumah warga terkena dampak kebakaran besar tersebut.

Pantauan detikcom di lokasi, Selasa (20/4), pukul 11.04 WIB, terlihat para warga bergotong royong mencari sisa-sisa barang dari bekas kebakaran. Barang-barang yang dicari merupakan barang yang masih dapat digunakan ataupun dijual kembali.

Salah satu warga bernama Arief Maulana (36) terlihat sedang membersihkan sendok-sendok bekas kebakaran. Menurut pengakuannya, sendok tersebut nantinya akan dijual ke pemulung.

"Ini kita borongin aja kalau ada pemulung, ya kalau bisa dijual ya dikumpulin aja dijual," ujarnya saat ditemui di lokasi..

Sebelumnya, dari pengumpulan sisa-sisa kebakaran tersebut, Arief berhasil memperoleh uang Rp 100 ribu. Uang tersebut dikumpulkannya untuk memenuhi keperluan sehari-hari.

Arief diketahui merupakan salah satu warga yang rumahnya juga terdampak kebakaran tersebut. Rumah seluas 4x5 m dengan dua lantai tampak sudah habis terbakar. Dia berharap nantinya pemerintah mau memberikan bantuan kepada para warga yang terdampak kebakaran.

"Ya harapannya sih pemerintah DKI atau Presiden bantulah buat pembangunan. Jangan pas mau kampanyenya aja rame," kata Arief.

Ditemui tidak jauh dari lokasi yang sama, Mesri (60) juga terlihat sedang mengumpulkan sisa-sisa dari kebakaran. Dia terlihat mengumpulkan kabel-kabel tembaga juga bata yang masih bisa diselamatkan dari rumahnya.

"Ini nyari seng-seng, kabel aja yang bisa dijual. Begini aja tuh besi-besi, bekas-bekas kabel begini tembaga. Ini kan aluminium lumayan kalau dijual," kata Mesri.

Mesri mengatakan nantinya kumpulan sisa-sisa bangunan tersebut akan dijual ke pemulung. Sebelumnya, dari penjualan kabel serta tembaga dia berhasil mengumpulkan uang sejumlah Rp 150 ribu.

Diketahui, peristiwa kebakaran ini terjadi pada Minggu (18/4), tepatnya pukul 15.28 WIB. Belum diketahui penyebab pasti kebakaran tersebut. Namun dugaan sementara diakibatkan karena korsleting listrik.

Tonton juga Video: Si Jago Merah Lahap Gudang Mebel di Pulo Gebang

[Gambas:Video 20detik]

(dwia/dwia)