Round-Up

Emosi Gubernur Riau Gara-gara Ustaz Ceramah 'Corona Kerjaan Yahudi'

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 20 Apr 2021 08:09 WIB
Gubernur Riau Syamsuar cek penyuntikan vaksin Corona (Raja Adil-detikcom)
Gubernur Riau Syamsuar mengecek penyuntikan vaksin Corona. (Raja Adil/detikcom)

Kepala Daerah dan MUI Diminta Mengawasi Ceramah

Adanya laporan ceramah ustaz yang menyebut COVID-19 adalah rekayasa dan hoax membuat Gubernur Syamsuar bertindak. Dia meminta wali kota, bupati, hingga MUI melakukan pengawasan ketat terhadap ceramah.

"Saya minta wali kota, bupati, dan MUI untuk lakukan pengawasan. Kalau mau ceramah atau tausiah itu yang benar. Jadi ini tidak mengelabui masyarakat kita yang tak tahu," ucapnya.

Syamsuar menilai ustaz yang menyebut COVID-19 adalah rekayasa kurang wawasan. Ustaz itu, menurut dia, tidak mengetahui situasi di daerah itu.

"Dikatakan 'Ini permainan Yahudi'. Padahal negara Yahudi, Israel, juga COVID-19 terus berkembang. Jadi ustadz ini tidak tahu di sana, ya biar enak cerita dan pada akhirnya disampaikan yang tak benar," katanya.

Dia meminta ustadz dalam ceramahnya menyampaikan pesan moral kepada masyarakat, tidak menakuti jemaah, namun pelaksanaan protokol kesehatan di masjid tetap ketat.

"Lebih baik kita menyejukkan masyarakat, agar masyarakat tidak takut. Tetapi tetap patuh protokol kesehatan. Nanti kita minta bantu MUI lah ya, ingatkan supaya jangan menyebar berita yang akan memprovokasi masyarakat," pungkasnya.

Halaman

(fas/aik)