Polri Yakin Jozeph Paul Zhang Ada di Jerman

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Senin, 19 Apr 2021 16:33 WIB
Jakarta -

Polri masih memburu pria yang menggunakan nama Jozeph Paul Zhang di media sosial gegara diduga melakukan penistaan agama. Polri yakin Jozeph Paul Zhang ada di Jerman.

"Sampai sejauh ini penelusuran dari Polri, yang bersangkutan ada di negara Jerman," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono dalam jumpa pers di Mabes Polri, Senin (19/4/2021).

Rusdi menyebut Polri telah berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri hingga Ditjen Imigrasi terkait keberadaan Jozeph. Dia juga mengatakan Polri telah berkoordinasi dengan Interpol.

"Polri telah melakukan koordinasi dengan Kementerian Luar Negeri, Direktorat Jenderal Imigrasi, dan juga Interpol. Karena patut diduga yang bersangkutan ada di luar negeri," tuturnya.

Rusdi menyebut Bareskrim Polri segera memasukkan Jozeph Paul Zhang dalam daftar pencarian orang (DPO). Rusdi mengatakan Interpol juga akan menerbitkan red notice.

"Kemudian langkah berikutnya, Bareskrim Polri akan segera mengeluarkan daftar pencarian orang yang tentunya DPO ini akan diserahkan ke Interpol dan daftar pencarian orang ini menjadi dasar bagi Interpol untuk menerbitkan red notice," tutup Rusdi.

Sebelumnya, ada fakta baru terkait sosok Jozeph Paul Zhang, yang dilaporkan ke Bareskrim Polri atas kasus dugaan penistaan agama karena menghina agama Islam dan mengaku sebagai nabi ke-26. Dia ternyata bernama asli Shindy Paul Soerjomoelyono.

"Sesuai data perlintasan, namanya Shindy Paul Soerjomoelyono," kata Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigjen Slamet Uliandi, Senin (19/4).

"Paul Zhang itu nama akun YouTube-nya," sambungnya.

Duta Besar RI untuk Jerman Arif Havas Oegroseno sendiri menyebut Jozeph Paul Zhang sudah keluar dari Jerman. Dia mengatakan Jozeph Paul Zhang di Jerman selama 6 bulan.

"Infonya sudah keluar dari Jerman. Kita lagi lacak," kata Arif, saat dihubungi, Minggu (18/4).

Jozeph Paul Zhang juga mengaku sudah melepaskan kewarganegaraan Indonesia. Hal itu terungkap dalam video terbaru Jozeph Paul Zhang yang diunggah di akun YouTube seperti dilihat detikcom, Senin (19/4/2021). Video terbaru menampilkan dia bersama komunitasnya bertemu secara virtual lewat aplikasi Zoom.

(haf/haf)