Dzikir Setelah Sholat Fardhu, Ini Bacaan dan Terjemahannya

Lusiana Mustinda - detikNews
Minggu, 18 Apr 2021 14:15 WIB
One day One Hadits dzikir pagi dan petang
Foto: Mindra Purnomo/detikcom
Jakarta -

Dzikir setelah sholat fardhu memiliki banyak keutamaan. Dengan berdzikir berarti kita mengingat Allah SWT. Setiap muslim memiliki kewajiban untuk berdzikir kepada Allah SWT.

Berdzikir tidak hanya dapat dilakukan setelah sholat fardhu tetapi juga bisa dilakukan ketika pagi dan sore hari. Allah SWT berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 152:

فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوا لِي وَلَا تَكْفُرُونِ

Artinya: "Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku."

Rasulullah SAW juga menganjurkan berdzikir di waktu pagi dan petang. Sebagaimana Allah SWT berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تُلْهِكُمْ أَمْوَالُكُمْ وَلَا أَوْلَادُكُمْ عَنْ ذِكْرِ اللَّهِ ۚ وَمَنْ يَفْعَلْ ذَٰلِكَ فَأُولَٰئِكَ هُمُ الْخَاسِرُونَ

Artinya: "Hai orang-orang beriman, janganlah hartamu dan anak-anakmu melalaikan kamu dari mengingat Allah. Barangsiapa yang berbuat demikian maka mereka itulah orang-orang yang merugi." (Qs. Al-Munafiquun ayat 9).

Berdzikir setelah sholat wajib juga dicontohkan oleh Rasulullah. Setiap selesai sholat membaca istighfar (أَسْتَغْفِرُ اللهَ) tiga kali dan mengucapkan:

اَللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ، وَمِنْكَ السَّلاَمُ، تَبَارَكْتَ يَا ذَا الْجَلاَلِ وَاْلإِكْرَامِ


Latin: Allahumma antas salaam wa minkas salaam tabaarokta yaa dzal jalaali wal ikrom.

Artinya: "Ya Allah, Engkau pemberi keselamatan, dan dariMu keselamatan, Maha Suci Engkau, wahai Tuhan Yang Pemilik Keagungan dan Kemuliaan."

Setelah itu ditambah dengan bacaan tasbih (subhanallah), tahmid (alhamdulillah) dan takbir (Allahu Akbar), masing-masing dibaca 33 kali.

Dengan berdzikir kepada Allah SWT, dijamin akan mendapatkan ketenangan hati dan Allah akan selalu mengingat orang-orang yang berdzikir kepada-Nya.

Allah SWT berfirman:

الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

Artinya: "(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.." (QS. Al-Ra'd: 28).

Dengan berdzikit setelah sholat Subuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib dan Isya juga disebutkan pada hadits riwayat Abu Hurairah:

"Rasulullah saw bersabda, 'Siapa yang bertasbih, bertahmid, dan bertakbir setelah shalat sebanyak 33 kali dan menutupnya dengan membaca lâ ilâha illallâh lâ syarîka lahu lahul mulku wa lahulhamdu wa huwa 'alâ kulli syai'in qadîr, maka dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan," (HR. Malik).

Itulah bacaan dan keutamaan dzikir setelah sholat fardhu semoga sahabat hikmah dapat meneladaninya.

(lus/erd)