Pemimpin Kudeta Myanmar Akan ke Jakarta, Ini Kata Kemlu RI

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Minggu, 18 Apr 2021 13:34 WIB
Panglima Militer Myanmar, Jenderal Senior Min Aung Hlaing meminta agar demo dihentikan. Min Aung meminta masyarakat menghindari kerumunan karena sedang pandemi Covid-19.
Pemimpin Junta Myanmar Jenderal Min Aung Hlaing (Screenshoot AP)
Jakarta -

Pemimpin junta Myanmar, Jenderal Min Aung Hlaing, akan menghadiri pertemuan khusus para pemimpin negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) minggu depan di Jakarta. Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI mengatakan pengumuman resmi terkait kehadiran Jenderal Min akan diumumkan oleh Brunei Darussalam.

"Mengenai hal kehadiran pemimpin ASEAN dan lain-lain, Brunei sebagai Ketua ASEAN saat ini yang akan mengumumkan," kata jubir Kemlu RI, Teuku Faizasyah, saat dihubungi, Minggu (18/4/2021).

Dia menjelaskan bahwa pertemuan para pemimpin negara ASEAN diselenggarakan di Indonesia karena kantor sekretariatnya berkedudukan di Jakarta.

"Jakarta tempat pertemuan karena Sekretariat ASEAN berkedudukan di Jakarta," ungkapnya.

Kabar terkait kedatangan Jenderal Min ke Jakarta minggu depan ini datang dari Kementerian Luar Negeri Thailand. Ini akan menjadi perjalanan resmi pertama pemimpin kudeta itu sejak militer Myanmar menggulingkan pemimpin sipil Aung San Suu Kyi.

"Beberapa pemimpin telah mengkonfirmasi kehadiran mereka termasuk MAH Myanmar (Min Aung Hlaing)," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Thailand Tanee Sangrat dalam pesan kepada wartawan seperti diberitakan kantor berita AFP, Sabtu (17/4).

Simak video 'Penentang Kudeta Militer Myanmar Bikin Pemerintahan Baru!':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2