Dubes RI Bertemu Presiden Panama, Bahas Kerjasama Bilateral-Serahkan Surat

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 18 Apr 2021 02:24 WIB
Dubes RI untuk Panama Bertemu dengan Presiden Panama
Foto: Dubes RI untuk Panama Bertemu dengan Presiden Panama (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Dubes RI untuk Panama, Sukmo Harsono bertemu langsung dengan Presiden Panama Laurentino Cortizo Cohen. Pertemuan yang berlangsung di Istana Presiden Panama membahas sejumlah hal termasuk penyerahan surat kepercayaan.

Pertemuan itu berlangsung di Palacio de Las Garzas, Panama City, Kamis (15/4) waktu setempat. Pertemuan diawali dengan seremoni penyerahan surat kepercayaan yang dimulai dengan penghormatan kepada bendera masing-masng negara.

Prosesi dilanjutkan dengan penyerahan Surat Kepercayaan di ruang utama istana dengan meletakan Surat Kepercayaan pada meja yang telah disiapkan di hadapan Presiden Republik Panama.

Dalam kesempatan itu, Laurentino Cortizo Cohen sempat menyampaikan ucapan selamat datang di Panama kepada Dubes RI untuk Panama. Dia juga sempat berjanji akan bekerjasama dengan Indonesia baik secara bilateral maupun dalam forum internasional.

Tak hanya itu, Presiden Cortizo juga menyampaikan agar kiranya Indonesia dapat menjadikan Panama sebagai gerbang ekonomi di kawasan Amerika Latin dan Karibia.

Menanggapi hal tersebut, Sukmo Harsono berjanji akan menyampaikan keinginan Presiden Cortizo terkait gerbang ekonomi kepada Menteri Perdagangan RI untuk membuka warehouse di Colon Free Trade Zone. Namun demikian dia meminta agar Panama mengeluarkan Indonesia dari 'restricted country' terkait visa.

"Agar pemerintah Panama dapat mengeluarkan Indonesia dari daftar "restricted country" Panama dalam pemberian visa untuk dapat meningkatkan people-to-people contact," kata Sukmo seperti dalam keterangannya.

Hubungan diplomatik RI - Panama telah berlangsung sejak tahun 1979 usai ditandatanganinya MOU oleh kedua negara di New York. MOU itu lantas ditindaklanjuti dengan pembukaan Kedutaan Besar Panama di Jakarta pada tahun 1999 dan pembukaan Kedutaan Besar RI di Panama City pada tahun 2010. Sebelumnya Panama dirangkap oleh KBRI Mexico City.

(maa/maa)