Percepat Program Pemerintah, Driver Gojek Telah Divaksin di 17 Kota

Inkana Putri - detikNews
Sabtu, 17 Apr 2021 14:44 WIB
Vaksinasi Driver Gojek
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Mitra Driver Gojek di 17 kota di tanah air mengikuti program vaksinasi yang diselenggarakan oleh pemerintah, beberapa di antaranya Sleman, Medan, Palembang, Padang, Mataram, Makassar, Belitung dan Surabaya.

Vice President Corporate Affairs Gojek, Michael Say mengatakan pihaknya turut mengikutsertakan mitra driver pada program vaksinasi, baik yang digelar oleh pemerintah daerah maupun telehealth Halodoc yang merupakan partner resmi Kementrian Kesehatan dalam program vaksinasi dengan metode layanan tanpa turun (drive thru). Dengan demikian, mitra driver dapat bekerja dengan lebih aman dalam membantu masyarakat memenuhi kebutuhannya sehari-hari.

"Pemerintah terus mendorong percepatan vaksinasi COVID-19 di berbagai daerah agar kondisi kesehatan bersama semakin meningkat. Kami secara proaktif turut mengedukasi para mitra kami tentang pentingnya vaksinasi. Dan tidak berhenti di situ, dengan dukungan dari pemerintah daerah, kami turut memfasilitasi pemberian vaksinasi untuk para mitra dari berbagai usia," ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (17/4/2021).


Lebih lanjut Michael menyampaikan sejak awal Maret tahun ini, secara bertahap ribuan mitra driver Gojek di sejumlah kota dan berbagai usia telah mendapatkan vaksinasi. Bahkan, mitra Gojek di Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur, Sumatra Barat dan Nusa Tenggara Barat menjadi yang pertama mendapatkan vaksinasi dari kelompok pekerja transportasi publik di provinsi tersebut.

Tak hanya itu, Gojek juga turut mengedukasi mitranya terkait penerapan protokol kesehatan untuk memberikan kenyamanan bagi mitra dan pelanggan.

"Hingga tengah April ini, ribuan driver Gojek dari 17 kota telah mendapatkan vaksinasi. Kami mengapresiasi perhatian pemerintah daerah yang memberikan prioritas vaksin tahap kedua kepada kelompok masyarakat usia lansia dan kelompok pekerja transportasi umum termasuk mitra driver online. Adapun kami terus mengedepankan protokol kesehatan sebagai bagian dari komitmen kami dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat sekaligus memberikan rasa nyaman dan aman bagi mitra dan pengguna layanan," jelasnya.

Vaksinasi Driver GojekVaksinasi Driver Gojek Foto: Istimewa

Mitra Gojek di berbagai Daerah Dapat Vaksinasi dan Kedepankan Prokes.

Pada 5 April lalu, Halodoc bersama Gojek membuka Pos Pelayanan Vaksinasi COVID-19 Drive Thru di Candi Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Adapun pos pelayanan vaksinasi ini melayani pelaku pariwisata, pelayan publik, dan transportasi publik, termasuk para mitra driver Gojek, yang memiliki KTP atau berdomisili di Kabupaten Sleman pada 5 April-7 Mei 2021.

"Masyarakat yang kami targetkan untuk divaksinasi merupakan kelompok yang berada di garda terdepan dalam mendorong pemulihan roda ekonomi dan pariwisata lokal," ujar Plt. Asisten Sekretaris Daerah Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Sleman, Budiharjo.

Selain itu, Gojek dan Halodoc juga menggelar vaksinasi drive thru Medan, Sumatera Utara. Adapun pos pelayanan turut diresmikan oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Wali Kota Medan Bobby Nasution. Sedangkan di Palembang, program vaksinasi bagi mitra menyasar ribuan mitra Gojek dengan KTP Palembang serta warga lansia.

Pemerintah Kota Makassar juga mengundang ratusan mitra driver Gojek di Makassar untuk mendapatkan vaksinasi di Phinisi Point Mall yang diadakan pada awal April lalu.

Vaksinasi Driver GojekVaksinasi Driver Gojek Foto: Istimewa

"Apresiasi atas sikap suportif dan kooperatif Gojek, yang telah memberikan akses kepada Dinas Kesehatan Kota Makassar untuk menyegerakan vaksinasi bagi mitra Gojek karena perannya dalam menjaga perekonomian daerah," ujar Ketua TP-PKK Makassar, Indira Yusuf Ismail.

Gojek juga memberikan akses kepada ratusan mitra driver Gojek dan mitra usaha GoFood di NTB untuk mengikuti program vaksinasi pemerintah Provinsi NTB. Upaya serupa juga dilakukan di Padang yang melibatkan ratusan mitra driver Gojek.

Ke depan, program serupa menyusul secara bertahap di berbagai kota lainnya dengan mengikutsertakan mitra driver Gojek sebagai penerima vaksin. Meskipun demikian, Gojek juga tetap mengedepankan protokol kesehatan melalui protokol J3K Gojek dengan melibatkan seluruh ekosistem, mulai dari karyawan, mitra driver, mitra usaha dan pengguna.

"Melalui vaksinasi COVID-19 ini, para mitra driver akan semakin terlindungi dari paparan virus Corona. Dengan demikian mereka bisa terus menafkahi keluarga sekaligus memberikan layanan yang aman dan profesional kepada seluruh masyarakat Indonesia," tambah Michael.

"Gojek telah dan terus siaga mendukung pemerintah dalam mencapai target program vaksinasi COVID-19 di seluruh kota di Indonesia dengan melibatkan para mitranya didukung oleh seluruh jajaran perusahaan. Dengan dukungan dan partisipasi seluruh masyarakat, kami berharap kebijakan pemerintah dalam menekan penyebaran COVID-19 ini dapat berjalan dengan lancar," tutupnya.



Simak Video "Gojek Hadirkan Ruang Keamanan Publik Bagi Perempuan"
[Gambas:Video 20detik]
(akd/ega)