Diperluas, Penyekatan Keluar Jakarta Kini Tersebar di 31 Titik

Yogi Ernes - detikNews
Sabtu, 17 Apr 2021 14:18 WIB
Pold Metro perluas penyekatan mudik
Foto: Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo cek titik penyekatan di Bekasi (Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta -

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya memperluas titik penyekatan keluar Jakarta Depok, Tangerang dan Bekasi (Jadetabek). Kini, ada 31 titik perbatasan Jakarta dan daerah penyangga yang disekat untuk mengantisipasi pemudik.

"Tadi pagi saya beserta jajaran para Kasat Lantas telah melaksanakan rapat untuk penentuan titik penyekatan. Kita simpulkan kita analisa bahwa nanti mulai tanggal 6-17 Mei akan ada 31 titik pos untuk pengamanan peniadaan mudik 2021," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo di Jembatan Cibeet, Kabupaten Bekasi, Sabtu (17/4/2021).

Sebelumnya, Polda Metro Jaya menyiapkan penyekatan di 8 titik jalur arteri dan jalan tol serta 16 titik jalur tikus.

Menurut Sambodo, 31 titik pengamanan tersebut terdiri dari 14 titik penyekatan dan 17 titik check point. Titik penyekatan dilakukan di jalan tol, jalan arteri dan beberapa jalan perbatasan yang kerap digunakan sebagai jalur tikus.

"14 titik penyekatan lainnya ada di Cikupa, ada di Bitung, ada di Gerbang Tol di Bitungnya. Ada 14 titik sudah kita tetapkan," ungkap Sambodo.

Hari ini jajaran Ditlantas Polda Metro Jaya meninjau titik penyekatan larangan mudik. Titik penyekatan yang ditinjau mulai dari KM 31 Gerbang Tol Cikarang Barat dan jalur tikus di Jembatan Cibeet di Kabupaten yang menjadi perbatasan menuju Karawang.

"Kita sudah meninjau titik utama nanti di Gerbang Tol Cikarang Barat. Nanti kita keluarkan di situ dan kendaraan-kendaraan nanti akan langsung kita putar balikan kembali ke jalan tol ke arah Jakarta," tutur Sambodo.

Khusus di jalur tikus sendiri, Sambodo memastikan pengawasan selama kebijakan larangan mudik berlangsung akan diperketat. Di jalur tikus sendiri dia memastikan pihaknya akan berjaga selama 24 jam.

"Nanti di sini (jalur tikus) ada posnya. Semua yang lewat akan kita periksa. Kalau dia nggak punya SIKM kita putar balik. Kita jaga selama 14 hari 24 jam," sebut Sambodo.

Simak Video: Polda Metro Jaya Siapkan 31 Pos Penjagaan Jalur Mudik

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/mea)