Viral Si Degen, Otter Gemoy yang Seliweran di Medsos

dtv - detikNews
Sabtu, 17 Apr 2021 08:23 WIB
Jakarta -

Seekor otter atau berang-berang menjadi perhatian netizen karena videonya sering muncul di medsos lalu viral. Otter bernama Degen ini awal mulanya sering dianggap hewan lain karena tidak lazim dijadikan hewan peliharaan.

"Ada yang bilang luwak, tikus Afrika, marmut," tutur sang pemilik, Marcell, kepada detikcom dalam acara Viral, Jumat (16/4/2021).

Degen yang dipelihara Marcell ini bukan termasuk hewan dilindungi karena jenisnya otter cakar kecil. Adapun otter yang tidak boleh dipelihara adalah berang-berang hidung berbulu (Lutra sumatrana), berang-berang bulu licin (Lutrogale perscipillata), dan berang-berang Eurasia (Lutra-lutra).

Menurut Marcell, otter adalah hewan yang sangat aktif dan butuh perawatan ekstra. Dia harus punya kandang yang cukup luas dan punya baik air karena otter adalah hewan semi-akuatik.

"Sehari makan daging lele lebih kurang 1 kg. Kandangnya jangan yang kecil karena bisa stres. Airnya saya ganti dua kali sehari," jelasnya.

Marcell mengaku kerap mengajak Degen jalan-jalan ke taman untuk menyalurkan energinya. Degen dibelinya saat berusia 1,5 bulan seharga Rp 800 ribu dan saat ini sudah berumur 1 tahun.

"Kalian harus cukupin kebutuhan airnya. Sama makannya. Ikannya harus fresh. Kalau bisa, setiap hari," tutur Marcell berbagi tips merawat otter.

Selain lucu dan menggemaskan, Degen ternyata membawa hoki bagi Marcell. Beraneka produk minta di-endorse karena Degen.

"Ada baju, bajunya manusia. Terus ada juga apartemen. Yang penting Degen in-frame. Ada juga transfer uang buat beli makan Degen," ungkap Marcell.

(gah/gah)