HUT Kopassus, Luhut Kenang Momen Bentuk Pasukan Elite Gultor

Yulida Medistiara - detikNews
Jumat, 16 Apr 2021 11:36 WIB
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan
Luhut Binsar Pandjaitan (Foto: dok. Kemenko Marves)
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengucapkan selamat ulang tahun Kopassus (HUT Kopassus) ke-69, yang jatuh pada hari ini. Luhut menceritakan pengalamannya membentuk Satuan Antiteror Kopassus Den 81 atau Detasemen Khusus 81.

"Saya Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, mengucapkan selamat ulang tahun yang ke-69 buat Korps Baret Merah Kopassus yang saya cintai di mana saya dilahirkan, saya bertugas pertama kali pada tahun 71 di satuan Korps Baret Merah ini," kata Luhut dikutip dari Instagram resminya @luhut.pandjaitan, Jumat (16/4/2021).

Luhut menyebut Korps Baret Merah mempunyai sejarah yang panjang dan sejumlah prestasi. Luhut meminta agar anggota Kopassus tidak mengkhianati janji komandonya.

"Saya berpesan kepada Anda sekalian supaya kalian prajurit-prajurit Kopassus jangan pernah kalian mengkhianati janji komando yang kita ucapkan sewaktu kita dilantik jadi prajurit komando di Pulau Nusakambangan di mana satu janji komando itu ucap setia janji kita kepada Korps Baret Merah," ujarnya.

Luhut menyebut awal mula bergabung dengan Kopassus sewaktu masih berusia muda. Luhut kerap mengikuti berbagai kursus pasukan khusus selama di korps Kopassus.

"Saya pada umur sekarang 74 tahun hampir tahun ini itu masih tetap diwarnai oleh spirit kebersamaan dari Korps Baret Merah ini. Dan kalian saya titip jangan pernah mengkhianati Korps Baret Merah ini dan jangan pernah mengkhianati NKRI tercinta ini," sambung Luhut.

Luhut menceritakan pengalamannya selama bertugas di Kopassus. Luhut bercerita pernah membentuk Satuan Antiteror Kopassus Den 81 (Detasemen Khusus 81).

"Saya instruktur dalam banyak hal selama saya di Korps Baret Merah. Saya yang mendirikan Satuan Antiteror Kopassus Den 81. Saya membuat latihan-latihan spesialiasi di Kopassus, tapi itu semua tidak bisa terjadi tanpa kerja sama, teamwork yang ada di Kopassus itu lah membuat ini semua terjadi," tutur Luhut.

"Jadi kalaupun ada saya katakan tadi saya jadi pelatih, saya menciptakan, saya ini semua itu tidak ada artinya tanpa ada kerja sama. Kerja sama itulah yang saya bangun, yang saya rasakan yang sekarang sampai saya pada jabatan posisi yang seperti saat ini tetap diwarnai oleh spirit kebersamaan, spirit kerja sama, itu pesan saya kepada Anda sebagai seorang senior," imbuhnya.

Luhut meminta pasukan Kopassus menjadi teladan dalam berpikir, bersikap, bertindak saat ditugaskan di mana pun. Luhut berpesan agar prajurit maupun perwira Kopassus tetap semangat berlatih untuk menghadapi medan tempur.

"Di Kopassus yang saya tahu dan saya alami kemungkinan cedera, kemungkinan gugur antara seorang prajurit seorang perwira dan bintara itu sama, karena kita sama-sama bertempur, sama-sama maju ke depan dan sama sama juga peluangnya untuk bisa cedera atau gugur dalam operasi," katanya.

"Oleh karena itu, Anda berlatih sekali lagi, berlatih dan berlatih, itulah tema yang saya sampaikan kepada prajurit yang saya pernah pimpin untuk tidak pernah lelah untuk berlatih. Sekali lagi, hidup Korps Baret Merah. Komando!" pungkas Luhut.

(yld/fjp)