Kemlu Harap Ancaman Pihak Pasangan Gay Thailand Tak Berdampak ke RI

Matius Alfons - detikNews
Jumat, 16 Apr 2021 03:11 WIB
Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Teuku Faizasyah
Foto: dok. Kemlu
Jakarta -

Pasangan gay Thailand, Smile dan Bas, mempersoalkan terkait hujatan netizen Indonesia di media sosial. Kementerian Luar Negeri berharap persoalan ini tidak berdampak pada hubungan antara Indonesia dan Thailand.

"Semoga tidak ada dampaknya, (sejauh ini) tidak ada (protes) antar pemerintah," kata jubir Kemlu RI Teuku Faizasyah saat dihubungi, Kamis (15/4/2021).

Faizasyah berharap agar isu yang ada terkait persoalan itu tidak memengaruhi kedua negara. Menurutnya masih banyak hal yang perlu diprioritaskan oleh Indonesia termasuk menjaga hubungan antar bangsa.

"Kalau memang hanya isu tidak perlu dijadikan isu, karena banyak hal lainnya yang perlu kita prioiritaskan. Hal-hal di dalam negeri terkait bencana misalnya dan juga hal-hal lain dalam hubungan antar bangsa," ucapnya.

Sebelumnya, pasangan gay Thailand, Smile dan Bas, viral setelah foto-foto pernikahan mereka diunggah di Facebook. Unggahan itu menuai komentar pedas dari netizen Indonesia.

Hampir di setiap foto yang diunggah di Facebook Suriya atau Smile mendapatkan hujatan dari netizen Indonesia. Warganet Indonesia tidak henti-henti memberikan komentar kasar, bahkan kalimat-kalimat bernada ancaman.

Smile kemudian geram hingga melaporkan kasus ini ke ranah hukum. Dia meminta bantuan hukum ke pengacara Ronnarong Kaewpetch karena telah mendapatkan ancaman pembunuhan yang ditujukan kepada dirinya, pasangannya, orang tua, bahkan fotografer pernikahan mereka.

Pengacara dari Network of Campaigning for Justice itu kemudian mengatakan orang Indonesia yang meninggalkan komentar cabul dan merendahkan di halaman Facebook pasangan gay itu tidak akan diterima di Thailand. Dia juga mengancam orang Indonesia yang menghujat kliennya ditangkap polisi jika masuk ke Thailand.

"Orang Indonesia, jangan kira kalian ada di sana, dan saya tidak bisa berbuat apa-apa. Anda yang memasuki Thailand, saya akan meminta polisi menunggu dengan surat perintah penangkapan terhadap Anda," ancam Ronnarong.

Tonton juga Video: Nakes Wisma Atlet Tak Jadi Tersangka Kasus Mesum Gay, Kenapa?

[Gambas:Video 20detik]



(maa/imk)