Teroris Makassar Ditembak Mati Eks Napiter, Jaringan Villa Mutiara

Muhammad Taufiqqurrahman - detikNews
Kamis, 15 Apr 2021 15:08 WIB
Kabid Humas Polda Sulsel Kombes E Zulpan (Hermawan/detikcom).
Kabid Humas Polda Sulsel Kombes E Zulpan (Hermawan/detikcom)
Makassar -

Seorang pria berinisial MT, terduga teroris Makassar, ditembak mati Densus 88 karena menyerang petugas saat akan ditangkap. MT ternyata merupakan mantan narapidana teroris (napiter) selama 3 tahun dan bebas pada tahun 2016.

"Dia eks terpidana teroris yang dihukum 3 tahun penjara dan bebas 2016 dari rutan Makassar," kata Kabid Humas Polda Sulsel Kombes E Zulpan saat dimintai konfirmasi wartawan, Kamis (15/4/2021).

Densus 88 kini sudah memiliki data lengkap terkait keterlibatan MT di jaringan teroris Makassar ditembak di Vila Mutiara dan aksi bom bunuh diri pasangan suami-istri (pasutri) L dan YSF di Gereja Katedral pada Minggu (28/3) lalu.

"Densus 88 punya data yang akurat. MT merupakan bagian dari jaringan Villa Mutiara dan erat kaitannya dengan bom gereja katedral Makassar," ujarnya.

MT teroris Makassar ditembak mati Densus 88 saat hendak diamankan di kawasan Biringkanaya, Makassar. Saat itu dia menyerang petugas dengan parang.

"Pakai parang tajam diserang (polisi), banyak senjata tajam nya," imbuhnya.

Untuk diketahui, hingga Rabu (15/4) lalu, sudah ada 31 terduga teroris terkait pasutri L dan YSF yang ditangkap di Makassar. Pada penangkapan terakhir, ada senapan angin dan ponsel berisi percakapan rencana aksi teror yang disita petugas.

"Perannya (mereka yang diamankan) memberikan motivasi, kemudian membantu survei lokasi kemudian, ada juga membantu merakit bom. Jadi semuanya punya peran," ujar Kabid Humas Polda Sulsel Kombes E Zulpan saat berbincang dengan detikcom di kantornya, Jalan Perintis Kemerdekaan, Makassar, Selasa (13/4).

Simak video 'Densus 88 Ringkus 1 Terduga Teroris Kajian Villa Mutiara Makassar':

[Gambas:Video 20detik]



(nvl/idh)