Edhy Prabowo Hadapi Sidang Dakwaan Kasus Suap Ekspor Benur Hari Ini

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Kamis, 15 Apr 2021 09:28 WIB
Eks Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo kembali diperiksa KPK. Ia diperiksa terkait kasus korupsi eskpor benih lobster yang menjerat dirinya.
Edhy Prabowo (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Pengadilan Tipikor Jakarta akan menggelar sidang perdana kasus dugaan suap ekspor benih bening lobster atau benur. Terdakwa yang akan diadili adalah mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dan beberapa rekannya.

"Perkara tipikor (tindak pidana korupsi) mantan Menteri KKP Edhy Prabowo cs, sidang pertama pada Kamis, 15 April 2021," ujar pejabat Humas Pengadilan Tipikor Jakarta, Bambang Nurcahyono, kepada wartawan, Kamis (15/4/2021).

Agenda sidang perdana adalah pembacaan dakwaan. Dalam kasus ini, akan ada tiga berkas, yakni berkas pertama milik Edhy Prabowo dengan nomor perkara 26/Pid.Sus.TPK/2021.

Berkas kedua dengan terdakwa Amiril Mukminin, Siswandi, dan Ainul Faqih, yang merupakan sekretaris pribadi dan seorang swasta. Selanjutnya, berkas staf khusus Edhy juga bernama Andreau Misanta Pribadi dan Safri.

Mereka akan didakwa melanggar Pasal 12 A UU Tipikor juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 juncto Pasal 65 ayat (1) KUHP atau dakwaan kedua melanggar Pasal 11 UU Tipikor juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 juncto Pasal 65 ayat (1) KUHP.

Wakil Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Albertus Usada akan bertindak ketua majelis hakim dalam sidang Edhy Prabowo dkk. Duduk sebagai hakim anggota adalah Suparman Nyompa dan Ali Muhtarom.

KPK bakal membongkar aliran duit ke dan dari Edhy Prabowo. Termasuk untuk membiayai sewa apartemen sejumlah asisten pribadinya, seperti Anggia Tesalonika Kloer dan Putri Elok Sekar Sari.

Selain itu, KPK bakal menjabarkan aliran duit ke pedangdut Betty Elista, yang sempat diperiksa terkait kasus ini. KPK juga bakal mengungkap adanya arahan dari Edhy terhadap Sekjen KKP Antam Novambar dalam rangkaian kasus ini.

Simak Video: Penyuap Edhy Prabowo Klaim Jadi Korban-Minta JC Dikabulkan

[Gambas:Video 20detik]



(run/haf)