Round-Up

Menanti Tanda-tanda Reshuffle Kabinet dari Istana

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 15 Apr 2021 07:01 WIB

Ada pula duga-duga lain. Jokowi Mania (JoMan) menilai yang layak kena reshuffle adalah Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) atau Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Djalil.

Desas desus berembus, komentar menguar, kabar-kabar tersebar, namun kepastian dari Istana soal siapa dan kapan akan di-reshuffle masih dinanti. Politikus berspekulasi.

"Mungkin saja Rabu Pahing atau Kliwon pekan depan, semuanya pasti hari yang baik," kata Wakil Ketua Umum Jazilul Fawaid kepada wartawan, Selasa (13/4) malam.

Ketua Badan Pembina Organisasi Kaderisasi dan Keanggotaan (BPOKK) Partai Demokrat, Herman Khaeron, menilai yang paling pantas diganti adalah Kepala Kantor Staf Presiden, Moeldoko. Soalnya, Moeldoko sudah bikin ribut Demokrat.

MoeldokoMoeldoko Foto: KSP

Meski begitu, pakar politik Universitas Airlangga (Unair) Prof Kacung Marijan menilai Moeldoko bakal aman dari reshuffle.

Sebagaimana diketahui, Presiden Jokowi sering melantik menteri-menteri baru hasil reshuffle pada hari Rabu, biasanya Rabu Pon atau Rabu Pahing. Tiga reshuffle dilakukan pada Rabu Pon, dua kali sisanya dilakukan pada Rabu Pahing menurut kalender Jawa.

Namun orang dalam Istana sendiri belum memastikan sampai level hari, melainkan hanya sampai level pekan. Hal ini sudah diungkapkan oleh Ngabalin. Kabarnya, reshuffle memang pekan ini.

"Insyaallah kalau tidak ada aral melintang pekan-pekan ini. Karena kan Pak Jokowi itu kalau sudah ada satu keputusan kan tanggal 30 Maret kemarin kan surat dikirim ke DPR yang isinya itu rencana penggabungan Kemenristek ke dalam Kemendikbud, karena banyak tugas fungsi dan perannya Menristek itu dikerjakan BRIN. Jadi Kemendikbud dan Ristek serta pembentukan Kementerian Investasi," kata Ali Mochtar Ngabalin saat dihubungi, Selasa (13/4) lalu.

Halaman

(dnu/lir)