Round-Up

Wanti-wanti BMKG Siklon Surigae Bisa Berkembang Jadi Topan

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 14 Apr 2021 21:15 WIB
Jakarta -

Siklon tropis Seroja menyebabkan bencana di tanah Nusa Tenggara Timur. Kini, BMKG mewanti-wanti datangnya siklon tropis Surigae, yang berpotensi jadi angin topan.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menerangkan, saat ini bibit siklon tropis di utara Papua telah berkembang menjadi siklon Surigae. Siklon ini bergerak ke arah barat laut mendekati wilayah Filipina.

Apa itu siklon Surigae? Penamaan siklon tersebut dilakukan oleh Japan Meteorogical Agency (JMA). Sebelumnya, bibit siklon ini bernama 94W.

"Akibatnya, saat ini terjadi peningkatan kecepatan angin rata-rata di wilayah utara Sulawesi dan sekitarnya berkisar 8-20 knot," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati di Kabupaten Malang, Jawa Timur, dalam keterangannya, Rabu (14/4/2021).

Sejumlah wilayah yang berpotensi terkena dampak bibit siklon Tropis 94W meliputi Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua. Selain itu, ada wilayah dengan level waspada untuk potensi banjir bandang pada dua hari ke depan, yaitu Sulawesi Utara dan Maluku Utara.

Gelombang tinggi sekitar 1,25-2,5 meter berpeluang terjadi di Laut Sulawesi bagian tengah dan timur, perairan utara Kepulauan Sangihe hingga Kepulauan Talaud, Laut Maluku, Perairan Utara dan Timur Halmahera, Laut Halmahera, serta Samudra Pasifik Utara Halmahera.

Sementara itu, gelombang tinggi 2,5-4,0 meter berpotensi terjadi di perairan Raja Ampat-Sorong, perairan Manokwari, perairan Biak, Teluk Cendrawasih, perairan Jayapura-Sarmi, dan Samudra Pasifik utara Papua Barat. Sedangkan gelombang dengan tinggi 4,0-6,0 meter berpeluang terjadi di Samudra Pasifik utara Papua.

Dwikorita menjabarkan, siklon tropis Surigae ini diperkirakan berpotensi menjadi badai tropis kuat (STS), dan bahkan taifun atau typhoon (TY) alias angin topan pada 16 April 2021.

Selanjutnya
Halaman
1 2