Surat yang Dibaca saat Sholat Dhuha Menurut Hadits

Trisna Wulandari - detikNews
Rabu, 14 Apr 2021 17:59 WIB
One day One Hadits sholat malam tarawih
Surat yang Dibaca saat Sholat Dhuha Menurut Hadits (Foto: Tim Infografis detikcom)
Jakarta -

Sholat dhuha adalah ibadah sunnah yang sering dikerjakan Nabi Muhammad SAW. Ada beberapa hadits yang menjelaskan terkait surat yang dibaca saat sholat dhuha.

Surat yang dianjurkan untuk dibaca pada rakaat pertama sholat dhuha adalah surah Asy-Syams, sementara pada rakaat kedua yang dibaca adalah surah Ad-Dhuha, sebagaimana yang disebutkan Ustadz Arif Rahman dalam bukunya, Panduan Sholat Wajib & Sunnah Sepanjang Masa Rasulullah SAW.

Anjuran ini berdasarkan hadits yang diriwayatkan dari 'Uqbah bin 'Amir yang menuturkan,

"Rasulullah pernah memerintahkan pada kami mengerjakan sholat dhuha dengan membaca Surah Asy-Syams dan Surah Ad-Dhuha." (HR At-Thabrani).

Sedangkan yang lebih utama adalah membaca surah Al-Kafirun pada rakaat pertama dan Al-Ikhlas pada rakaat kedua setelah al-Fatihah, tulis Ustadz Arif Rahman mengutip Hasyiyah Jamal, 1/485.

Rasulullah SAW biasanya mengerjakan sholat dhuha sebanyak delapan rakaat. Kebiasaan ini disampaikan dalam kitab Hadits Shahih Bukhari - Muslim oleh Muslim, Ibnu Abi Laila berkata,

"Tak seorang pun yang memberitakan kepada kami bahwa ia telah melihat Nabi SAW sholat dhuha selain Ummu Hani', beliau berkata: "Ketika Fathu Makkah, Nabi SAW mandi di rumahnya kemudian sholat delapat rakaat. Dan aku tidak pernah melihat Nabi SAW sholat begitu ringannya, hanya saja meskipun ringan tetapi sempurna ruku' dan sujudnya."

Meskipun Rasulullah SAW sering melakukan sholat dhuha, ia terkadang meninggalkannya karena khawatir akan umatnya. Kebiasaan Rasulullah ini disampaikan dalam kitab Hadits Shahih Bukhari - Muslim oleh Muslim, 'Aisyah berkata,

"Nabi SAW biasa meninggalkan sebuah amal yang beliau suka karena khawatir ditiru orang-orang dan menjadi diwajibkan atas mereka. Ketika Nabi SAW tidak shalat dhuha, tetapi aku tetap shalat dhuha."

Yuk detikers, perbanyak ibadah di bulan suci Ramadhan, salah satunya dengan sholat dhuha dan mengamalkan juga surat yang dibaca saat sholat dhuha.

(erd/erd)