Jadwal Sholat dan Buka Puasa Seluruh Wilayah Bisa Cek di Link Ini

Lusiana Mustinda - detikNews
Rabu, 14 Apr 2021 15:07 WIB
Nasihat Luqman kepada Anaknya: Dirikan Sholat
Foto: Fuad Hasyim/detikcom
Jakarta -

Jadwal sholat dapat membantu kita untuk mengatur waktu sholat di awal waktu. Di dalam Al-Qur'an terdapat penjelasan waktu-waktu sholat fardhu meskipun tidak terlalu jelas deskripsinya.

Dalam buku "Waktu Shalat" oleh Ahmad Sarwat, Lc., MA disebutkan ada tiga ayat di dalam Al-Qur'an yang membicarakan tentang waktu-waktu sholat secara global.

Allah SWT berfirman:

وَأَقِمِ الصَّلَاةَ طَرَفَيِ النَّهَارِ وَزُلَفًا مِنَ اللَّيْلِ ۚ إِنَّ الْحَسَنَاتِ يُذْهِبْنَ السَّيِّئَاتِ ۚ ذَٰلِكَ ذِكْرَىٰ لِلذَّاكِرِينَ

Artinya: "Dan dirikanlah sembahyang itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bagian permulaan daripada malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat." (QS. Huud: 114).

Menurut para mufassirin, di ayat ini disebutkan waktu sholat yaitu kedua tepi siang sholat subuh dan ashar. Dan pada bagian permulaan malam yaitu Maghrib dan Isya.

Allah SWT berfirman:

أَقِمِ الصَّلَاةَ لِدُلُوكِ الشَّمْسِ إِلَىٰ غَسَقِ اللَّيْلِ وَقُرْآنَ الْفَجْرِ ۖ إِنَّ قُرْآنَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُودًا

Artinya: "Dirikanlah sholat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula sholat) subuh. Sesungguhnya sholat subuh itu disaksikan (oleh malaikat)." (QS. Al-Isra: 78).

Dan di bulan Ramadhan ini, umat muslim tidak hanya melaksanakan sholat Maghrib menjelang matahari tenggelam, tetapi juga berbuka puasa.

Tidak ada alasan untuk menunda sholat kecuali buka puasa. Terkadang Rasulullah SAW menunda melaksanakan sholat Maghrib, khususnya jika beliau sedang berbuka puasa. Padahal waktu Maghrib adalah waktu yang sangat pendek.

"Senantiasa manusia dalam kebaikan selama ia menyegerakan berbuka." (HR. Bukhari dan Muslim).

Untuk mengetahui jadwal sholat dan berbuka puasa Ramadhan 2021 bisa cek di link ini:

1. Melalui situs resmi Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nadhlatul Ulama. http://falakiyah.nu.or.id/ dalam link ini berisi jadwal waktu sholat, imsakiyah Ramadhan 1442 H hingga jadwal berbuka puasa.

2. Melalui laman Bimas Islam Direkorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam https://bimasislam.kemenag.go.id/jadwalimsakiyah.

Di sini kamu dapat mengubah lokasi dan zona waktu sesuai dengan lokasi kamu saat ini untuk mengetahui jadwal sholat, buka puasa serta imsakiyah.

(lus/erd)