Menelaah Arti Titipan Salam Habib Rizieq ke Anies Baswedan-Doni Monardo

Isal Mawardi - detikNews
Rabu, 14 Apr 2021 06:25 WIB
Habib Rizieq
Habib Rizieq (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Habib Rizieq menyampaikan salam dan terima kasih kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Kepala BNPB Doni Monardo dalam persidangan kasus kerumunan di Petamburan dan Megamendung. Pengacara Habib Rizieq, Aziz Yanuar, mengatakan titipan salam Habib Rizieq merupakan suatu bentuk ketulusan.

"Tidak ada (maksud tertentu). Jadi semua yang dikemukakan oleh beliau saat itu semata-mata karena memang ungkapan tulus beliau kepada pihak-pihak yang memang berniat baik dan melakukan hal yang baik dan benar sehubungan dengan concern Habib Rizieq dan FPI waktu itu," kata Aziz kepada detikcom, Selasa (13/4/2021).

Menurutnya, ucapan terima kasih itu dilontarkan Habib Rizieq karena bentuk kepedulian dari berbagai pihak. Kepedulian itu diapresiasi oleh Habib Rizieq.

"Ada simpati dari beberapa pihak terkait acara keagamaan yang dimaksud yaitu Maulid (Nabi) dan diapresiasi oleh beliau (Habib Rizieq), sederhana saja sebetulnya dan sebetulnya banyak beliau juga berterima kasih kepada... ada kemarin yang memberikan kesaksian antara lain ada 11 orang, ya intinya berterima kasih juga kepada jaksa berterima kasih telah menghadirkan saksi," lanjut Aziz.

Aziz menegaskan tak ada maksud lain dari Habib Rizieq ketika mengucapkan terima kasihnya itu. "Tidak ada tendensi apa pun, apalagi politik seperti itu," jelas Aziz.

Pendiri lembaga survei KedaiKOPI, Hendri Satrio atau Hensat, turut berkomentar terkait ucapan terima kasih dan titipan salam Habib Rizieq. Habib Rizieq, sebut Hensat, menunjukkan adanya dukungan dari pemerintah mengenai acara yang digelarnya.

"Habib Rizieq secara khusus menyebutkan bahwa ada juga sebetulnya dukungan dari pemerintahan dalam mengantisipasi dugaan pelanggaran protokol kesehatan yang dilakukan oleh Habib Rizieq. Jadi maka dari itu dengan disebut ini sebetulnya dukungan dari para pendukung Habib Rizieq kepada Doni monardo dan Anies Baswedan yang diharapkan hubungan baiknya tetap terjaga," jelas Hensat.

Sebelumnya diberitakan, titipan salam itu dilontarkan Habib Rizieq saat bertanya kepada mantan Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Meghantara dan Direktur Pengelolaan Logistik & Peralatan BNPB Rustian SSI dalam sidang di Pengadilan Jakarta Timur, Senin (12/4/2021). Awalnya dia bertanya kepada Rustian tentang bantuan BNPB. Dia bertanya apa benar bantuan pemberian 10 ribu masker medis, masker kain 10 ribu, hand sanitizer 1.000 botol, dan rapid test antigen 30 ribu dikirim oleh Jenderal Doni Monardo selaku Kasatgas Penanganan COVID-19 dan Kepala BNPB.

Rustian pun mengamini itu. Rustian mengatakan alasan BNPB memberikan itu untuk memutus penyebaran COVID-19.

"Di BAP, Anda menyatakan kenapa BNPB memberikan bantuan di situ, Anda jawab untuk memutus rantai penyebaran COVID?" tanya HRS dalam sidang dan dijawab 'betul' oleh Rustian.

Kemudian, Habib Rizieq pun menanggapi itu dengan menitip salam untuk Doni Monardo. Dia mengucapkan terima kasih kepada Doni karena perhatian terhadap acara Maulid Nabi Muhammad SAW dan pernikahan putrinya di Petamburan.

"Karena itu, saya ucapkan terima kasih ke Pak Rustian. Salam buat Pak Doni Monardo yang juga punya perhatian dalam acara Petamburan, kerja sama untuk mencegah terjadinya penyebaran COVID," kata Habib Rizieq.

Bukan hanya kepada Doni Monardo, Habib Rizieq juga berterima kasih kepada Anies Baswedan. Alasannya sama dengan ucapan terima kasih ke Doni, yaitu Anies dianggap peduli terhadap acara di Petamburan.

"Selanjutnya ingin saya tanyakan dari catatan saya ini bahwa sempat bertemu dengan panitia, saat Anda bertemu (panitia), ada berikan imbauan-imbauan tetap ikuti prokes, bahkan dalam BAP Anda dapat instruksi langsung dari Bapak Gubernur Pak Anies Baswedan supaya Petamburan ini tidak ada pelanggaran protokol kesehatan untuk diperketat, betul?" tanya HRS.

"Betul," ujar mantan Wali Kota Jakpus Bayu Meghantara.

"Baik, sampaikan salam saya kepada Pak Anies Baswedan, beliau emang betul-betul perhatian, karena sebelumnya beliau juga datang ke rumah saya untuk menyampaikan hal yang sama, terima kasih. Artinya, baik Pak Gubernur maupun Pak Wali Kota saat itu punya perhatian yang luar biasa terhadap pencegahan penyebaran COVID," tutur HRS.

Lihat juga Video: Habib Rizieq ke Eks Kapolres Jakpus soal Acara di Petamburan: Kenapa Tak Larang Saja

[Gambas:Video 20detik]



(isa/mae)