Round-Up

Terputus Wahyu Kaum Eden Usai Lia Eden Berpulang

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 14 Apr 2021 05:31 WIB
Persemayaman Lia Eden (dok. Komunitas Eden)
Foto: Persemayaman Lia Eden (dok. Komunitas Eden)
Jakarta -

Wahyu bagi Komunitas Eden terputus usai Lia Aminuddin alias Lia Eden meninggal dunia. Kaum Eden mengatakan tak ada lagi di antara mereka yang menjadi penerus Lia Eden.

Lia Aminuddin alias Lia Eden meninggal dunia pada Jumat (9/4/2021). Pengikutnya menceritakan detik-detik terakhir kehidupan Lia Eden.

Cerita itu disampaikan komunitas Eden lewat e-mail info@komunitaseden.com yang diterima detikcom, Selasa (13/4/2021). Lia Eden sempat beraktivitas seperti biasa sehari sebelumnya meninggal.

"Pada Kamis sore, 8 April 2021, kami masih bercengkerama dan bekerja bersama Paduka Bunda Lia Eden merapikan dan membersihkan taman di depan rumah. Malam harinya, sampai pukul 21.30 WIB, beberapa di antara kami masih berada di kamar beliau. Dan pada saat kami meninggalkan kamar, beliau masih dalam keadaan sehat," demikian keterangan Komunitas Eden.

Komunitas Eden mengatakan Lia Eden tak sadarkan diri pada Jumat (9/4) pagi. Lia Eden disebut tak sadarkan diri di kamarnya. Kakinya disebut sudah mendingin dan denyut nadi di tangannya sudah tak lagi terasa.

"Kami sungguh terkejut pada saat melihat beliau sudah tak sadarkan diri di pembaringannya. Kakinya sudah dingin dan denyut nadi tangannya sudah tak teraba, tapi bagian ubun-ubun di kepala masih terasa," ucap Komunitas Eden.

Pengikut Lia Eden kemudian memanggil ambulans. Saat ambulans tiba, petugas yang ikut di ambulans kemudian memeriksa kondisi Lia Eden.

"Sesampainya ambulans DKI, para petugas langsung mengeluarkan peralatannya untuk memeriksa keadaan beliau sesuai prosedur penanganan pasien. Petugas ambulans DKI menyatakan bahwa Paduka Bunda Lia Eden, junjungan kami yang kami cintai, sudah tiada," tulis pernyataan itu.

Jenazah Lia Eden kemudian dibawa ke rumah sakit St Carolus untuk diperiksa. Petugas kemudian mengeluarkan sertifikat medis penyebab kematian.

"Menurut dokter pribadi beliau di RS St Carolus, dimungkinkan wafatnya disebabkan karena terserang stroke kembali, karena sebelumnya beliau pernah terserang stroke ringan pada akhir bulan Oktober 2020. Namun sejak itu, beliau sudah berangsur pulih," tulis keterangan itu.

Jenazah Lia Eden kemudian disemayamkan dan dikremasi di Rumah Duka Grand Heaven Jakarta, Senin (12/4). Abu jenazah Lia Eden kemudian dilarung ke Laut.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Lihat Video: Lia Eden Dikabarkan Meninggal Dunia

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2