Elektabilitas Tinggi, Susi Pudjiastuti Cari Partai Pendukung Tanpa Perlu Kudeta

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 13 Apr 2021 18:10 WIB
Susi Pudjiastuti
Susi Pudjiastuti (Agung Pambudhhy/detikcom)
Jakarta -

Susi Pudjiastuti memperoleh elektabilitas tertinggi, 30,9 persen, berdasarkan hasil survei Lembaga KedaiKOPI terkait tokoh calon pemimpin Indonesia 2024 kategori tokoh nonparpol. Merespons hal itu, Susi menyebut survei tersebut hanya iseng belaka.

"Ya... itu kan KedaiKOPI lagi iseng saja kali masukan nama-nama yang sudah pasti tidak mungkin bisa masuk. Yang tertinggi dari yang tidak mungkin... okelah," ujar Susi, saat dihubungi detikcom, Selasa (19/3/2021).

Susi lalu bergurau, ia mempertanyakan jika dia mau mencalonkan diri apakah ada partai yang tidak perlu kudeta. Susi mengaku jika harus melakukan kudeta partai tidak mau.

"Kalau mau mungkin apa ada partai yang tidak perlu kudeta bisa???? Kalau kudeta ya tidaklah. Tidak usah diperhitungkan atau serius-serius," ungkapnya.

"Kalau tidak kudeta, apa ada partai dihibahkan," sambungnya.

Lebih lanjut, Susi berbicara terkait syarat ambang batas parpol atau presidential threshold. Menurutnya tidak mungkin bisa mencalonkan jadi calon presiden jika tidak punya partai.

"Presidential threshold 20% tidak memungkinkan orang-orang tidak punya partai atau yang tidak diusung partai menjadi calon pemimpin di negeri ini. Apalagi yang tidak diinginkan... kayak saya ini," sambungnya.

Namun, ketika ditanya apakah bersedia apabila ada partai yang memintanya maju, Susi kembali mengelak.

"Partai ikan? Boleh... ibu kotanya di laut. Istananya di bawah air di sela-sela terumbu karang," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Lembaga survei KedaiKOPI merilis survei terkait tokoh calon pemimpin Indonesia 2024 dari beragam kategori di Indonesia, salah satunya kategori tokoh nonparpol. Hasilnya Susi Pudjiastuti memperoleh elektabilitas 30,9 persen.

Survei tersebut dilakukan secara nasional 34 provinsi pada 29 Maret-4 April 2021, metode survei melalui wawancara telepon. Jumlah responden terdapat 1.260.

KedaiKOPI menanyai dengan pertanyaan, "dari nama-nama tokoh nonparpol dan non pemerintahan berikut ini, siapa yang menurut Anda layak menjadi calon presiden di 2024?". Hasilnya, Susi Pudjiastuti memperoleh elektabilitas 30,9 persen.

Elektabilitas tokoh nonparpol:

1. Susi Pudjiastuti 30,9 persen
2. Gatot Nurmantyo 14,1 persen
3. Abraham Samad 14,0 persen
4. Rizal Ramli 11,9 persen
5. Jusuf Kalla 10,6 persen
6. Sudirman Said 8,0 persen
7. Ustad Abdul Somad 3,4 persen
8. TGB Muhammad Zainul Majdi 3,3 persen
9. Aa Gym 2,3 persen
10. Tidak ada 1,5 persen

"Di tokoh nonparpol ada nama Susi Pudjiastuti, ada nama Sudirman Said, dua nama yang sebetulnya cukup harum pada periode pertama yang saat ini tidak ada di kabinet Pak Jokowi tapi namanya masih menggeliat terus," kata Pendiri lembaga survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) Hendri Satrio atau Hensat, dalam acara Peluncuran Hasil Survei Calon Pemimpin 2024 : Banjir Tokoh Menuju 2024, yang disiarkan di YouTube Survei KedaiKOPI, Senin (12/4/2021).

"Sudirman Said, misalnya, terkenal dengan membuka tabir Papa Minta Saham misalnya ternyata masih dianggap sebagai tokoh antikorupsi karena dianggap berani melawan mafia misalnya," ujar Hensat.

Lihat juga video 'Tim Hukum AHY Cabut Gugatan ke Darmizal Cs soal KLB Deli Serdang':

[Gambas:Video 20detik]



(yld/tor)