Kemnaker Bakal Dirikan Balai Latihan Kerja di Prabumulih

Jihaan Khoirunnisaa - detikNews
Selasa, 13 Apr 2021 16:44 WIB
Kemnaker
Foto: Kemnaker
Jakarta -

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI akan mendirikan Balai Latihan Kerja Unit Pelaksana Teknis Pusat (BLK UPTP) di Prabumulih, Sumatera Selatan. Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah mengatakan pembangunan ini direncanakan secara bertahap.

Adapun untuk pemilihan program kejuruan akan menyesuaikan kebutuhan SDM dari industri dan dunia usaha di kota Prabumulih dan juga Provinsi Sumatera Selatan.

"Kita akan kembangkan BLK UPTP ini dalam hal sarana dan prasarana yang cukup lengkap. Untuk pelatihan sesuai standar kompetensi yang sudah ada, dan juga untuk meningkatkan SDM yang ada di Prabumulih yang mampu bersaing di pasar kerja," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (13/4/2021).

Hal itu diungkapkannya saat menerima kunjungan Wali Kota Prabumulih, Ridho Yahya, di Kantor Kemnaker.

Ida berharap proses pendirian BLK berjalan lancar sehingga manfaat BLK dapat segera dirasakan oleh masyarakat.

Sementara itu, DirjenBinalattas, Budi Hartawan menambahkan, untuk pembangunanBLKUPTP ini Pemerintah Kota (Pemkot)Prabumulih akan menyiapkan lahan seluas 17 hektare.

"Di lahan seluas itu, ada 14 bidang kejuruan yang meliputi Teknik Mekanika/Las, Otomotif, Garmen Appareal, Aneka Kejuruan, Bisnis dan Manajemen, Teknik Informasi dan Komunikasi, Teknik Manufaktur, Pertanian, Bangungan, Migas, Refrigeration, Listrik, dan Elektronika," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Wali Kota Prabumulih, Ridho Yahya mengatakan kesiapan Pemkot Prabumulih dalam memenuhi kebutuhan lahan yang diperlukan demi mendukung pembangunan BLK UPTP di Kota Prabumulih.

"Kita akan siapkan lahan ini karena sangat besar manfaatnya bagi masyarakat Prabumulih dan Sumatera Selatan," terangnya.

Ridho juga berharap agar pembangunan BLK UPTP ini mampu menciptakan tenaga kerja yang siap pakai di dunia usaha dan industri.

"Harapan saya semoga pembangunan BLK UPTP ini dapat segera terwujud, agar bisa mengembangkan pelatihan yang kompetensi serta menciptakan SDM yang siap bersaing di pasar kerja," pungkasnya.

(ega/ega)