29 Teroris Jaringan Bom Makassar Ditangkap, 6 dari Kajian Vila Mutiara

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Selasa, 13 Apr 2021 16:17 WIB
Jakarta -

Polisi sudah menangkap 29 terduga teroris di Sulsel yang mendukung aksi bom bunuh diri pasangan suami-istri (pasutri) di Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), hingga saat ini. Enam di antaranya disebut berasal dari kelompok kajian Vila Mutiara.

"Khusus menyangkut kelompok Vila Mutiara yang ada di Makassar pada hari ini tanggal 13 April 2021, Densus 88 mengamankan lagi 6 terduga teroris. Ini merupakan kelompok Vila mutiara di Makassar," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono dalam jumpa pers di Mabes Polri, Selasa (13/4/2021).

Rusdi membeberkan inisial keenam terduga teroris tersebut ialah J, DM, MS, S alias AL, W, dan S. Keenamnya ditangkap di sekitar Kota Makassar.

"Ini adalah kelompok Mutiara. Mereka diamankan di sekitar Makassar dan juga ada satu orang inisial D yang diamankan di Kabupaten Gowa," sambung Rusdi.

Rusdi mengatakan Densus 88 masih terus mengembangkan jaringan kelompok kajian Vila Mutiara.

"Densus terus mengembangkan kasus dari kelompok Vila Mutiara ini. Mudah-mudahan rekan-rekan Densus bisa selesaikan permasalahan-permasalahan yang dihubungkan dengan kelompok Mutiara Makassar ini sehingga betul-betul bisa ciptakan situasi aman," tutupnya.

Sebelumnya, Tim Densus 88 Mabes Polri bersama Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) mengamankan 29 terduga teroris di Sulsel yang mendukung aksi bom bunuh diri pasangan suami-istri (pasutri) di Gereja Katedral Makassar. Mereka memiliki peran masing-masing, mulai dari merakitkan bom hingga memberi motivasi.

"Perannya memberikan motivasi, kemudian membantu survei lokasi kemudian, ada juga membantu merakit bom. Jadi semuanya punya peran," ujar Kabid Humas Polda Sulsel Kombes E Zulpan saat berbincang dengan detikcom di kantornya, Jalan Perintis Kemerdekaan, Makassar, hari ini.

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2