Aksi Pencurian Onderdil di IRTI Monas, 5 Mobil Telah Dipereteli Pelaku

Yogi Ernes - detikNews
Selasa, 13 Apr 2021 14:27 WIB
Mobil yang telah dipreteli pelaku di area parkiran IRTI Monas, Jakarta Pusat
Mobil yang telah dipereteli pelaku di area parkiran IRTI Monas (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Anggota Suku Dinas Perhubungan (Dishub) Jakarta Pusat berhasil menggagalkan upaya pencurian onderdil mobil di area parkir IRTI Monas, Jakarta Pusat. Dari pengecekan saksi, ada lima mobil yang telah dipereteli pelaku.

"Kalau menurut saya, mungkin ini klimaksnya dari temuan saya karena dari lima mobil di situ sudah habis semuanya, baik bannya, mesinnya, dindingnya," kata anggota Derek Satpelhub Kecamatan Johar Baru Unit Sudin Perhubungan Jakpus, Dayan Sitanggang, saat dihubungi detikcom, Selasa (13/4/2021).

Dayan sendiri memergoki aksi pelaku pada Senin (12/4) sekitar pukul 10.00 WIB. Saat itu dia menemukan dua pelaku berada di lokasi melakukan aksinya.

Satu pelaku bertugas mengawasi area dan satu pelaku lainnya bertugas sebagai eksekutor. Dayan meyakini aksi pelaku tersebut telah berlangsung cukup lama.

"Jadi ini sudah berlangsung cukup lama dari satu mobil ke lima mobil karena nggak ada satu pun mobil yang utuh lagi, semuanya sudah copot semua, sudah nggak ada yang utuh. Apa yang masih bisa diambil, ya diambil kayanya. Jadi yang kemarin kepergok itu hasil lanjutan aksinya dia. Kalau nggak kepergok, selesai semua," ungkap Dayan.

Terkait pengawasan di lokasi, Dayan mengaku hal itu menjadi otoritas pihak pamdal (pengamanan dalam) Monas. Dia menyebut lokasi tersebut memang menjadi tempat penitipan kendaraan yang telah ditindak oleh pihak Dishub.

"Jadi kalau pengawasan, itu sebenarnya hak penuh dari mereka. Bagaimana sistem pengamanan mereka kenapa selama ini tidak ada pengawasan sampai demikian jebol lima mobil diangkut," ucapnya.

Tonton juga Video: Wanita Muda Ini Curi Mobil dengan Modus Bius, Ternyata Residivis

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2