Wkwkwk... Andi Arief Tertawa AD/ART Era AHY Digugat ke PN Jakpus

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 13 Apr 2021 11:58 WIB
Wakil Sekjen Partai Demokrat Andi Arief ditangkap polisi karena kasus narkoba. Begini perjalanan Andi Arief dari mahasiswa hingga tersangkau narkoba.
Andi Arief (Foto: dok. pribadi)
Jakarta -

Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Partai Demokrat tahun 2020 digugat ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus). Partai Demokrat tertawa saja.

"Wkwkwk... aya aya aja," kata Ketua Bappilu Partai Demokrat Andi Arief kepada wartawan, Selasa (13/4/2021).

Menurut Andi Arief, para penggugat AD/ART Partai Demokrat tidak mengerti hukum administrasi negara dan Undang-Undang Partai Politik. Karena itu, Andi Arief terpaksa tertawa.

Lebih jauh Andi Arief menegaskan kubu kongres luar biasa (KLB) Partai Demokrat sudah kandas di tingkat Kementerian Hukum dan HAM. Meski demikian, Andi Arief mengaku pihaknya siap berhadapan di pengadilan.

Untuk diketahui, penggugat AD/ART Partai Demokrat tahun 2020 atas nama Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat dan lima orang individu.

"Kubu KLB sudah kandas, sudah nggak ada kesempatan atau pintu sudah tertutup. Soal gugatan di pengadilan itu gugatan biasa. Kami, dan mungkin juga partai lain, sudah berkali-kali menghadapi dan selalu bisa teratasi. Toh, tuntutan mereka individu, sudah tidak bisa lagi minta pengesahan KLB," ucap Andi Arief.

Dikutip dari Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) PN Jakpus, Selasa, gugatan itu terdaftar dengan nomor 213/Pdt.Sus-Parpol/2021/PN Jkt.Pst. Duduk sebagai penggugat:

1. Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat
2. La Moane Sabara, SSos
3. Jefri Prananda, SH, MSi
4. Laode Abdul Gamal
5. Muliadin Salemba
6. Ajrin Duwila

Penggugat menyerahkan kasus itu ke kuasa hukumnya, Yustian Dewi Widiastuti. Para tergugat yakni:

1. DPP Partai Demokrat 2020-2025 (Tergugat I)
2. DPP Partai Demokrat 2015-2020 (Tergugat II)

Adapun AD/ART Partai Demokrat yang digugat memuat ketentuan KLB harus seizin Ketua Majelis Tinggi Partai, yaitu Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Lihat juga Video: Demokrat Kubu Moeldoko: 14 Pasal di AD/ART Kubu AHY Langgar UU Parpol

[Gambas:Video 20detik]



(gbr/tor)