Heli Dibakar KKB di Ilaga Kembali ke Timika, Sempat Rusak di Bagian Depan

Saiman - detikNews
Selasa, 13 Apr 2021 10:39 WIB
Helikopter yang sempat dibakar KKB Papua di Bandara Ilaga (dok. Istimewa).
Helikopter yang sempat dibakar KKB Papua di Bandara Ilaga. (dok. Istimewa)
Timika -

Helikopter milik Ersa Air yang dibakar kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua di Bandara Aminggaru Ilaga sudah kembali terbang ke Timika. Heli itu sempat mengalami kerusakan di bagian depan akibat dibakar KKB.

"Helikopter sudah diterbangkan kemarin, sudah diperbaiki oleh teknisinya," kata Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Ilaga Herman Sujito saat dimintai konfirmasi wartawan, Selasa (13/4/2021).

Herman mengungkapkan, sebelum insiden penyerangan oleh KKB, heli itu memang tengah terparkir di Bandara Ilaga karena rusak dan menunggu suku cadang. Namun, saat heli itu parkir dan menunggu proses perbaikan, seketika datang kelompok KKB dan menyerang heli itu.

"Ada pembakaran heli, heli itu dioperasikan oleh Ersa Air," ujarnya.

Tidak ada korban jiwa akibat serangan kelompok KKB ke heli itu, tapi heli tersebut mengalami kerusakan di bagian depan akibat dibakar. Kaca heli juga pecah akibat ulah KKB.

"(Saat ini) bandara sudah normal," katanya.

Kapolres Puncak Kompol I Nyoman Punia mengatakan sudah melakukan olah TKP dan akan memproses secara hukum para pelaku pembakaran. Warga diminta tidak takut pada aksi-aksi KKB.

"Dari hasil olah TKP hanya sedikit yang rusak, yaitu hangus di bagian depan heli dan ada kaca yang pecah, akan tetapi tidak mengakibatkan kerusakan yang fatal, dan heli sudah diterbangkan ke Timika," ujar Nyoman.

Simak juga Video: 2 Guru Tewas Ditembak KKB di Puncak Papua, Jenazah Dibawa ke Timika

[Gambas:Video 20detik]



(nvl/nvl)