Catat! Tak Semua Pemudik Nakal Hanya Diputar Balik, Ada yang Ditilang

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 12 Apr 2021 11:34 WIB
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo.
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo. (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Larangan mudik mulai berlaku pada 6-17 Mei 2021. Untuk mengantisipasi warga yang nekat mudik, Polda Metro Jaya menyiapkan sejumlah upaya penindakan hingga memberikan sanksi kepada pelanggar.

"Sanksinya akan kita putar balikkan, kecuali untuk pelanggaran-pelanggaran yang memang ada pasalnya pelanggaran lalin," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (12/4/2021).

Khusus untuk travel gelap, selain diputar balik, akan diberi sanksi khusus. Ini juga berlaku bagi kendaraan barang yang kedapatan mengangkut penumpang.

"Sebagai contoh misalnya travel gelap itu kan ada pelanggarannya, kemudian truk digunakan untuk mengangkut orang nah itu kan ada pasal pelanggarannya. Nah pasal-pasal seperti itu tentu kita tindak, tetapi kalau hanya masalah orang mudik dan sebagainya itu hanya kita putar balik," jelasnya.

Sementara itu, masyarakat yang mencuri start mudik sebelum tanggal 6 Mei harus mengikuti aturan pemerintah sesuai Surat Edaran Gugus Tugas COVID-19.

"Artinya perjalanan itu harus tetap mengikuti aturan-aturan yang sudah berlaku, seperti pembelian tiket harus ada swab antigen, PCR, GeNose, dan sebagainya," ujarnya.

Simak juga 'Aturan SIKM Selama Larangan Mudik Lebaran 2021':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2