Blak-blakan Habib Novel Alaydrus

Nyadran, Padusan, dan Panen Amal Selama Ramadhan

Deden Gunawan - detikNews
Senin, 12 Apr 2021 07:13 WIB
Jakarta -

Kaum muslim di Indonesia, khususnya di Jawa, punya sejumlah tradisi dalam menyambut bulan suci Ramadhan. Mereka antara lain nyekar ke makam keluarga dengan menaburi bunga di atas makam. Adakah dalil untuk hal semacam itu?

Pemimpin Majelis Ar-Raudhah di Kota Solo, Habib Novel Alaydrus menyitir hadis populer bahwa Nabi Muhammad SAW pernah menancapkan sebatang dahan kurma yang masih basah daunnya ke dua makam yang dilewatinya. Kepada para sahabat yang bertanya Rasulullah menjelaskan bahwa hal itu dimaksudkan dengan harapan agar jenazah yang tengah disiksa di dalam kubur mendapat keringanan selama batang pohon tersebnut masih.

"Para ulama menjelaskan, apa yang masih hidup akan berzikir kepada Allah. Karena di kita tak ada pelepah kurma lalu diganti dengan menaburkan bunga yang warna dan aromanya enak dicium. Itulah fenomena yang dilakukan orang -oramg tua kita di Indonesia," kata Habib Novel Alaydrus saat ditemui tim Blak-blakan di kediamannya, Minggu (11/4/2021).

Tradisi berziarah sebelum Ramadhan ini, ia melanjutkan, dilakukan sebagian besar ulama di Indonesia juga untuk membudayakan silaturahmi baik diantara masyarakat mau pun dengan mereka yang telah berpulang. Tradisi tersebut dikenal dengan sebutan "nyadran".

Semakin mendekati awal Ramadhan juga dikenal tradisi padusan (menyucikan diri dengan mandi). Hal ini, kata Habib Novel, dilatarbelakangi keyakinan bahwa Ramadhan adalah bulan mulia sehingga fisik dan hati harus dibersihkan.

"Membersihkan hati itu idealnya dengan saling meminta maaf dan memaafkan. Sebab Ramadhan itu bukan bulan amal melainkan bulan panen pahala sehingga disarankan memperbanyak ibadah agar bisa menuai pahala yang berlimpah," jelasnya.

Supaya bisa memperbanyak ibadah dan memanen pahala, imbuh Novel, hendaknya menahan diri untuk tidak berlebihan setidaknya saat berbuka puasa.
Pada bagian lain, Habib Novel juga berbicara soal makna Nuzulul Quran dan Lailatul Qadar, serta bagaimana kaum muslim sebaiknya bersikap dan bertindak dalam menjalani Ramadhan di masa pandemic. Selengkapnya, saksikan Blak-blakan Habib Novel Alaydrus, "Tradisi Nyekar hingga Lailatul Qadar" di detik.com, Senin (12/4/2021)

(ddg/jat)