Pohon Tumbang Dievakuasi, Jalur KRL Tanah Abang-Sudimara Bisa Dilalui

Arief Ikhsanudin - detikNews
Minggu, 11 Apr 2021 19:59 WIB
KRL melintas di kawasan Rawajati, Jakarta, Jumat (14/12/2018). Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan headway atau jarak antar Kereta Rel Listrik (KRL) hanya akan berjarak kurang dari lima menit serta melakukan penambahan gerbong dari 10 menjadi 12 gerbong. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/pd.
Ilustrasi KRL (Foto: Dok. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar).
Jakarta -

PT KAI Commuter menyebut telah menyelesaikan proses evakuasi pohon tumbang yang mengganggu rute kereta rangkaian listrik (KRL) jalur Tanah Abang-Sudimara. Kini, KRL telah beroperasi kembali secara normal.

"Jalur rel di antara Stasiun Kebayoran - Stasiun Pondok Ranji yang sebelumnya terhalang pohon tumbang kini kembali dapat melayani perjalanan KRL. Kedua jalur rel dapat sepenuhnya melayani perjalanan KRL mulai pukul 18:15 WIB," ujar VP Corporate Secretary PT KAI Commuter, Anne Purba, dalam keterangannya, Minggu (11/4/2021).

Meski sudah beroperasi normal, tapi masih terjadi antrean kereta yang sebelumnya terhenti. Petugas PT KAI Commuter sedang berupaya untuk menyelesaikan masalah itu.

"Saat ini KAI Commuter masih dalam proses mengurai antrean kereta yang sebelumnya terjadi," kata Anne.

Penumpang yang sebelumnya berada di dalam KRL KA 2074 yang terhenti akibat pohon tumbang, telah dievakuasi ke KRL KA 2081.KA 2074 mengalami kendala hingga perlu perbaikan.

"Sebelumnya KA 2074 terkena bagian pohon yang tumbang hingga salah satu pantografnya patah," katanya.

Anna memastikan, seluruh layanan KRL jalur Tanah Abang sudah operasi normal. Meski, saat ini sedang ada upaya untuk mengatasi masalah menumpuknya perjalanan KRL yang sebelumnya terhenti.

"Saat ini kedua jalur rel di lokasi sudah dapat dilalui kembali untuk perjalanan KRL lintas Tanahabang-Serpong/ Parungpanjang/ Rangkasbitung PP. Namun KAI Commuter juga masih melakukan rekayasa pola operasi untuk mengurangi keterlambatan KRL dan mengurai antrean kereta," ujarnya.

Seperti diketahui insiden pohon tumbang terjadi di rute Tanah Abang-Sudimara pada pukul 14.15 WIB. Akibatnya, perjalanan kereta pada rute tersebut terhambat.

(aik/dhn)