Bahagianya Warga Bisa Kembali Ziarah ke TPU Karet Bivak Jelang Ramadhan

Tiara Aliya - detikNews
Minggu, 11 Apr 2021 15:06 WIB
Warga Ziarah Jelang Ramadhan ke TPU Karet Bivak
Warga Ziarah ke TPU Karet Bivak (Foto: Tiara/detikcom)
Jakarta -

TPU Karet Bivak di Jakarta Pusat ramai dikunjungi warga untuk berziarah menjelang Ramadhan. Para peziarah mendoakan anggota keluarga yang telah tiada.

Pantauan detikcom per pukul 13.50 WIB di TPU Karet Bivak, Jl Karet Pasar Baru Barat, Jakarta Pusat, warga terus berdatangan untuk berziarah. Terlihat, lahan parkir TPU dipenuhi oleh kendaraan milik peziarah.

Sesampainya di lokasi, mereka langsung menuju ke tempat keluarganya dimakamkan. Mereka mulai menaburkan bunga di atas makam. Setelah itu, warga melantunkan ayat suci Al-Qur'an sambil berdoa di makam keluarganya.

Peziarah bernama Samsul (63) datang bersama anak dan cucunya untuk berziarah ke makam orang tuanya. Menurutnya, ini merupakan tradisi rutin keluarganya menjelang bulan suci Ramadhan.

"Dalam rangka ziarah orang tua. Mungkin itu karena mau Ramadhan saya diajarin (almarhum) sama orang tua ziarah ke makam orang tua," kata Samsul saat ditemui di lokasi, Minggu (11/4/2021).

Sama halnya dengan Samsul, peziarah lainnya bernama Eva (34) datang untuk mendoakan keluarganya sebelum menjalani ibadah Ramadhan tahun ini.

"Tujuannya untuk berziarah menyambut bulan suci Ramadhan kita semua dikasih sehat sama yang di atas dan minta restu dari yang nggak ada," ucap Eva.

Dia mengaku senang karena diberikan kesehatan sehingga bisa menyambangi langsung makam keluarganya. Sebab, tahun lalu dirinya tak bisa menjalani ziarah kubur karena pandemi virus Corona.

"Sekarang sudah dibolehkan alhamdulillah jadi nggak harus mendoakan dari rumah juga. Sudah bisa berkunjung, dikasih sehat dan kesini," jelasnya.

(knv/knv)