Tingkatkan Pelayanan, Kapolda NTB Resmikan 4 Program Ditpolairud NTB

Erika Dyah Fitriani - detikNews
Minggu, 11 Apr 2021 10:37 WIB
Polda NTB
Foto: Polda NTB
Jakarta -

Direktorat Polisi Air dan Udara (Ditpolairud) Polda NTB menggelar acara launching website dan sentra pelayanan media terapung di terminal penumpang Pelabuhan Gilimas, Lombok Barat, NTB. Direktur Polairud Polda NTB Kombes Pol Khobul Syahrin Ritonga menyampaikan rangkaian acara ini juga mencakup peluncuran perdana 2 buah kapal RIB Intersip dan 2 kapal RIB Ship Tender.

Tak hanya itu, Khobul mengungkap pada Sabtu (10/4) dilaksanakan juga peresmian gedung belajar Anjungan Cerdas Bhayangkari Cendekia di Kampung Nelayan Teluk Gok, Dusun Medang, Desa Sekotong Barat, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat (Lobar).

Khobul menyampaikan acara dibuka dengan pemutaran video simulasi penggunaan website dan pelaksanaan mediasi terapung serta fungsi 4 kapal Polairud yang diluncurkan. Ia menambahkan ada juga video kondisi masyarakat Teluk Gok yang dibangunkan sarana belajar oleh Dit Polairud bekerja sama dengan Bhayangkari NTB.

Ia pun menyebut pelaksanaan acara tersebut menjadi hari yang spesial bagi Direktorat Polairud Polda NTB sebab 4 program dapat diresmikan langsung oleh Kapolda NTB dan dihadiri Wakapolda NTB beserta PJU juga Danlanal serta perwakilan Pemda Lobar.

Khobul menjelaskan program website dan mediasi terapung ini bertujuan untuk meningkatkan intensitas komunikasi Polisi khususnya Polairud dengan publik.

"Program ini sebagai langkah menciptakan zona integritas di tubuh Polairud Polda NTB menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani ( WBBM)," ujar Khobul dalam keterangan tertulis, Minggu (11/4/2021).

Ia memaparkan telah dilengkapi disiapkan fitur-fitur yang bermanfaat bagi masyarakat dan Polairud dalam website Polairud Polda NTB. Menurutnya, warga bisa memberi masukan atau memberi penilaian terhadap kinerja Polairud melalui website tersebut.

"Dengan adanya website ini, kami bisa tahu masukan atau kritikan dari masyarakat untuk kami jadikan bahan evaluasi," jelasnya.

Mengenai media terapung, Khobul menjelaskan seluruh kapal Polairud di NTB akan dijadikan sarana untuk mediasi.

"Bagi masyarakat yang punya masalah khususnya yang berkaitan dengan perairan di NTB, bisa melayangkan aduan melalui website kami polairud.ntb.polri.go.id dan secara otomatis akan diteruskan ke ABK kekapal yang terdekat untuk dilakukan tindak lanjut," jelasnya.

Sementara itu, Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal turut mengapresiasi Khobul beserta anggota Polairud lainnya karena berhasil melakukan berbagai inovasi dalam menjalankan tugasnya sebagai Polisi di bidang perairan dan udara di NTB.

"Intervensi kepolisian dirindukan oleh masyarakat, Polairud paham betul bahwa yang harus kita kemukakan di dalam berbagai strategi Direktorat kepolisian perairan dan udara yaitu melakukan pelayanan dan pengayoman bagi masyarakat," pungkas Iqbal.

Diketahui, Kapolda NTB bersama Dirpolairud dan PJU Polda meresmikan acara peluncuran 4 kapal cepat yang baru diadakan Polairud Polda NTB di tahun 2021 dengan ditandai pemecahan kendi di badan kapal juga diawali dengan doa bersama.

"Saya berharap dengan adanya 4 kapal ini pelayananPolairud kepada masyarakat lebih meningkat dan Polisi lebih disayangi masyarakat," harapnya.

Polda NTBPolda NTB Foto: Polda NTB

Iqbal mengatakan pihaknya bersama rombongan juga bertandang ke Teluk Gok menggunakan kapal dan berlabuh di pesisir pantai Teluk Gok sekitar pukul 12.00 WITA untuk meresmikan gedung belajar anak-anak. Adapun gedung yang dibangung atas kerja sama Bhayangkari NTB, Polairud dan tokoh masyarakat Sekotong H Tedy ini diberi nama Anjungan Cerdas Bhayangkari Cendekia.

Dalam kunjungannya, Iqbal mengatakan dirinya dan istri sempat bercengkrama dengan anak-anak di Teluk Gok.

"Saya dan istri saya sangat bahagia melihat anak-anak ini, ini memang menjadi impian istri saya, dia ingin berbuat sesuatu untuk orang lain, dan akhirnya hari ini tercapai juga," ungkapnya.

Selain itu, apresiasi juga disampaikan oleh Asisten III Setda Lobar H Ilham. Ia mengucapkan terima kasih kepada Polda NTB beserta jajarannya yang telah menyiapkan tempat belajar bagi anak-anak di Teluk Gok.

"Nanti kami akan membahasnya dengan dinas pendidikan agar tempat ini dapat dijadikan sebagai sarana belajar bagi SD, SMP atau SMA dengan mengkorelasikan dengan sekolah terdekat di sini," katanya.

Tak hanya itu, Kadus Teluk Gok Jamaludin juga menyampaikan terima kasih kepada Polda NTB serta Polairud Polda NTB yang telah banyak membantu warga Teluk Gok mulai dari menyuplai air bersih dan mengadakan fasilitas belajar untuk anak-anak di dusunnya.

"Kami ucapkan terima kasih kepada Polda NTB dan khususnyaPolairud karena selalu hadir di tengah-tengah kami, terutama fasilitas belajar ini,"imbuhnya.

Polda NTBPolda NTB Foto: Polda NTB

Jamaludin juga meminta agar pemerintah Lobar segera membangun jalan dan sarana ibadah seperti masjid yang dinilai sangat dibutuhkan oleh warganya.

"Memang di sini ada masjid tetapi rusak karena gempa beberapa tahun lalu," tuturnya.

Ia menambahkan Kapolda NTB yang mendengar curhatannya dan warga setempat mengundangnya selaku Kadus Teluk Gok untuk datang ke kediaman Kapolda NTB di Mataram.

Sebagai informasi, acara ini dihadiri pula oleh Wakapolda NTB dan pejabat utama (PJU) jajaran Polda NTB, Bupati Lombok Barat yang diwakili Asisten III Kabupaten Lombok Barat Dan Lanal Mataram serta beberapa tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat.

(ega/ega)