Panglima TNI Harap Monumen Marsda Abdulrachman Saleh Cikal Bakal RS Pusat AU

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Jumat, 09 Apr 2021 15:32 WIB
Monumen Marsda Anumerta Abdurachman Saleh di Wisma Aldiron, Pancoran, Jaksel.
Foto: Monumen Marsda Anumerta Abdulrachman Saleh. (Sachril/detikcom)
Jakarta -

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto meresmikan monumen Marsda Anumerta Abdulrachman Saleh yang didirikan di Wisma Aldiron Pancoran, Jakarta Selatan (Jaksel). Hadi berharap di lokasi yang sama bisa dibangun rumah sakit (RS) pusat TNI Angkatan Udara (AU).

Peresmian monumen Marsda TNI Anumerta Abdulrachman Saleh dilakukan secara langsung, Jumat (9/4/2021). Setelah pembawa acara membacakan sejarah Marsda Anumerta Abdulrachman Saleh, Hadi menyampaikan sambutannya.

"Pemilihan tempat berdirinya monumen Abdulrachman Saleh di sini (Wisma Aldiron Pancoran) saya nilai sangat tepat karena dulunya di sini merupakan markas besar TNI Angkatan Udara. Jadi sangat tepat pemilihan tempat di sini, di tempat ini dan kita harapkan juga menjadi cikal bakal pendirian RS pusat AU yang kita beri nama adalah Profesor Dokter Abdulrachman Saleh," kata Hadi di lokasi.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto meresmikan monumen Marsda TNI Anumerta Abdurachman Saleh yang didirikan di Wisma Aldiron Pancoran, Jaksel, Jumat (9/4/2021).Foto: Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto meresmikan monumen Marsda TNI Anumerta Abdulrachman Saleh yang didirikan di Wisma Aldiron Pancoran, Jaksel. (Sachril/detikcom)

Dia menambahkan Abdulrachman Saleh harus diteladani. Hadi mengatakan monumen Marsda Anumerta Abdulrachman Saleh dibangun agar semua orang tidak lupa dengan sejarah.

"Karena masa lalu menjadi cerminan hari ini dan akan membentuk masa depan. Dan di dalam kedinasan TNI, beliau juga memiliki karier yang sangat cemerlang. Ini adalah satu teladan bagi kita semua. Beliau adalah putra terbaik yang pernah dimiliki TNI AU, seorang dokter dan seorang penerbang," jelasnya.

Hadi mengatakan kesehatan sangat penting untuk semua orang. Dia ingin RS yang nantinya akan dibangun di Wisma Aldiron Pancoran menjadi RS pusat di TNI AU.

"Sesuai dengan organisasi TNI AU bahwa AU dibagi 3 wilayah, yaitu Koops (Komando Operasi) AU 1, Koops AU 2, dan Koops AU 3. Sehingga kita menyadari pentingnya fasilitas kesehatan bagi masyarakat, khususnya bagi keluarga besar TNI AU dan TNI," kata dia.

"Kita harapkan nantinya bahwa setiap wilayah operasi Koops AU memiliki satu pusat atau satu rumah sakit pusat yang dijabat oleh perwira tinggi bintang 1 AU. Dan sinilah (Wisma Aldiron Pancoran) nantinya kita pusatkan sebagai rumah sakit pusat yang bisa merawat khusus infeksi, penyakit infeksi dan pelayanan umum. Itu adalah harapan kita semua," ucap Hadi.

(sab/zak)