126 Pertashop Tersebar di Jawa Barat

Angga Laraspati - detikNews
Jumat, 09 Apr 2021 14:40 WIB
Pertamina
Foto: dok. Pertamina
Jakarta -

Pertamina sudah memiliki 126 Pertashop di Jawa Barat yang dimiliki oleh masyarakat setempat. Unit Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Pemasaran Regional Jawa Bagian Barat (JBB) Eko Kristiawan menjelaskan 126 unit Pertashop yang ada di Jawa Barat dimiliki oleh masyarakat setempat seperti pengusaha lokal, pesantren dan BUMdes.

Bentuk kerja sama dengan masyarakat tersebut sebagai upaya penguatan ekonomi dengan membangun rantai distribusi produk Pertamina. Selain itu, Eko mengatakan sebagai lembaga penyalur resmi berskala kecil milik Pertamina, Pertashop memiliki standar kualitas, operasional, dan harga yang sama

"Karena itu, masyarakat sebagai konsumen tidak perlu khawatir akan kualitas dan harga produknya, dan bagi calon mitra, tidak perlu khawatir pasokan dan prosedur operasional pelayanan yang akan diberikan karena semuanya akan melalui pelatihan," ungkap Eko dalam keterangan tertulis, Jumat (9/4/2021).

Salah satu pemilik Pertashop di Desa Cibodas, Maribaya, Lembang, Sopi Indrayati menuturkan kehadiran Pertashop sangat dirasakan oleh masyarakat setempat. Berkat Pertashop kini masyarakat sekitar tidak perlu jauh-jauh lagi mencari SPBU.

"Warga tidak perlu jauh lagi ke SPBU yg jaraknya kurang lebih 7,5 KM dari wilayahnya, apalagi setelah melihat ada mobil tangki datang untuk melakukan pengisian, warga semakin yakin untuk membeli BBM di sini dan ini juga menggerakkan roda perekonomian desa serta menopang area wisata Curug Maribaya," kata Sopi.

Di sisi lain, pada Kamis (8/4) Menteri BUMN Erick Thohir melakukan kunjungan ke Desa Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Ia didampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Sales Area Manager Bandung Pertamina Regional Jawa Bagian Barat Gustiar Widodo untuk meninjau keberadaan Pertashop di Lembang, Bandung.

(prf/ega)