Sierra Cabut Laporan, KPAI Tetap Usut Tuduhan Prof Muradi Telantarkan Anak

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Jumat, 09 Apr 2021 14:30 WIB
Wakil Ketua KPAI Rita Pranawati
Wakil Ketua KPAI Rita Pranawati (Roland/detikcom)
Jakarta - Finalis Miss Landscape International 2019 Era Setyowati alias Sierra mencabut laporan atas Profesor Muradi. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) membenarkan pencabutan pelaporan oleh Sierra.

"Iya benar, Sierra telah hadir di KPAI sore kemarin. (Dia datang) untuk mencabut laporannya," kata Wakil Ketua KPAI Rita Pranawati saat dimintai konfirmasi, Jumat (9/4/2021).

Rita tak menjelaskan alasan mengapa Sierra mencabut laporan itu. Dia mengatakan pencabutan laporan adalah hak setiap pengadu.

"Itu hak setiap pengadu untuk mencabut laporan di KPAI. Mengenai alasan mengapa dicabut, tentu itu hak pengadu, dalam hal ini Saudara S (Sierra) untuk menjelaskan," ujarnya.

Meski laporan dicabut, KPAI tetap melanjutkan proses pengusutan tuduhan penelantaran anak oleh Prof Muradi. KPAI menegaskan bakal memperjuangkan hak setiap anak.

"Tidak serta-merta berhenti karena proses pengaduan sudah dalam proses penanganan. Prinsip bagi KPAI adalah kepentingan terbaik bagi anak dan pemenuhan hak anak terpenuhi," ucapnya.

Sierra masih enggan mengungkap alasan pencabutan laporan itu. Dia mengaku sedang sakit.

"Untuk sementara waktu saya belum bisa menjelaskan alasannya (mencabut laporan ke Muradi). Mungkin nanti setelah saya pulih, bisa saya jelaskan," ujar Sierra.

Sebelumnya, Sierra mencabut pengaduan atas Profesor Muradi. Pengacara Sierra, Razman Arif Nasution, mengatakan kliennya datang sendirian ke kantor KPAI.

"Ternyata dia (Sierra) ada datang, dia datang ke KPAI. Di situ judulnya klarifikasi. Dia nomor urut 17," kata Razman, Jumat (9/4).

"Saya tanya, 'Apakah benar kamu pergi, dan kalau kamu pergi tanpa seizin saya, itu melanggar'. Dia jawab, 'Bang, saya belum bisa ngomong apa-apa, saya dalam keadaan drop dan tertekan. Saya sekarang lagi berobat di rumah sakit'," tambahnya.

Sierra mengklaim memiliki anak 8 bulan hasil hubungannya dengan Muradi. Muradi disebut tidak menafkahi anak itu dengan baik.

"Jadi dia (Sierra) ini berkenalan dengan salah satu guru besar, Profesor M, guru besar di salah satu perguruan tinggi negeri favorit di Indonesia, salah satunya di Kota Bandung. Dan Mr M ini juga adalah komisaris independen, komisaris independen di BUMN terkemuka," kata Razman di kantor KPAI, Jakarta Pusat, Senin (5/4).

Kubu Prof Muradi kemudian buka suara. Prof Muradi, lewat pengacaranya, menepis semua tuduhan dari pihak Sierra.

"Tidak benar kalau sudah ada pernikahan antara klien kami, Profesor Muradi, dengan Saudari ES (Sierra). Maka, kalau tidak terjadi pernikahan, tidak mungkin memiliki anak dari hubungan. Ketiga, adalah tidak benar juga bahwa Prof Muradi pernah membelikan 1 unit apartemen terhadap atau diperuntukkan untuk Saudari ES," ujar pengacara Prof Muradi, Patrice Rio Capella.

Lihat juga Video: Heboh Pengakuan Miss Landscape Dinikahi Siri Komisaris BUMN

[Gambas:Video 20detik]



(sab/haf)