Masih Ada Kepulan Asap di Lokasi Kebakaran Pasar Kambing Tanah Abang

Rahmat Fathan - detikNews
Jumat, 09 Apr 2021 11:59 WIB
Kebakaran Pasar Kambing Tanah Abang
Kondisi terkini Pasar Kambing Tanah Abang setelah mengalami kebakaran (Rahmat Fathan/detikcom)
Jakarta -

Kepulan asap sisa kebakaran masih tampak di Pasar Kambing, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Petugas pemadam kebakaran (damkar) pun bergegas mengatasinya.

Pantauan detikcom pada pukul 10.45 WIB, ada dua unit mobil damkar yang dikerahkan ke lokasi. Petugas terlihat menyemprotkan air ke beberapa titik.

"Iya (masih ada api kecil). Makanya kita ke sini," ujar Danton Grup A Damkar Sektor Tanah Abang, Dwi Hantoro, kepada detikcom di lokasi, Jalan Sabeni Raya, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (9/4/2021).

Ada delapan personel damkar yang bekerja saat ini. Hantoro memastikan petugas akan menyisir semua titik api kecil yang mungkin masih menyala.

"Yang kita lakukan penyemprotan sisa asap-asap pascakebakaran. Kita urai tumpukan-tumpukan yang mengakibatkan adanya asap," ucapnya.

"Kita urai biar pemadamannya lebih sempurna," imbuh Hantoro.

Diberitakan sebelumnya, sejumlah pedagang hewan ternak kembali berjualan pascakebakaran di Pasar Kambing, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Mereka memanfaatkan lapak yang tidak terdampak kebakaran.

Salah satu pedagang, Aan, mengatakan mulai berjualan kembali sejak pukul 07.00 WIB tadi. Aan memiliki 25 ekor kambing yang hendak ia jual dan semuanya dalam kondisi yang baik.

"Iya (jualan lagi). Sebabnya ini nggak kebakar, yang nggak kebakar ya dijuallah," ujar Aan saat ditemui detikcom di Jl Sabeni Raya, Tanah Abang, Jakpus, Jumat (9/4/2021).

Diketahui, Pasar Kambing, Tanah Abang, Jakpus mengalami kebakaran hebat pada Kamis (8/4) sore. Wali Kota Jakpus, Dhany Sukma, mengatakan ada ratusan lapak dan puluhan kios yang terbakar.

"Alhamdulillah semua sudah bisa diselesaikan. Tinggal saat ini sudah teridentifikasi kurang-lebih sebanyak 136 lapak dan 40 kios yang terbakar. Semua berada di PD Pasar Jaya," ujar Dhany setelah api dipadamkan sepenuhnya, di Jl Sabeni Raya, Tanah Abang, Jakpus, Kamis (8/4) malam.

Lokasi Pasar Kambing ini kurang-lebih berjarak 1,3 km dari Stasiun Tanah Abang dan 900 meter dari Pasar Tanah Abang. Luas area yang terdampak kebakaran sekira 5.000 meter persegi. Kerugian akibat kebakaran Pasar Kambing Tanah Abang ini pun ditaksir Rp 1 miliar.

Simak Video "Pasar Kambing Terbakar: 136 Lapak Ludes, Miliaran Rupiah Melayang":

[Gambas:Video 20detik]



(dhn/dhn)